Jalan Tol Pertama di Sulut dan Terpanjang di Sulawesi Siap Operasi Desember 2021

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pengerjaan proyek Tol Manado-Bitung diprediksi akan kelar dan siap beroperasi pada Desember 2021. Tol dengan panjang 39,85 km ini merupakan jalan tol pertama di Sulawesi Utara (Sulut). dan merupakan jalan tol terpanjang di pulau Sulawesi.

Menurut Corporate Communication and Community Development Group Head, Jasa Marga, Dwimawan Heru, jalan ini merupakan kelanjutan dari ruas Manado-Danowudu sudah selesai dan diresmikan pada 2020 lalu. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) pun mematok target untuk ruas Danowudu-Bitung (26,35 Km) akan beroperasi di Desember 2021.

“Untuk ruas Danowudu-Bitung atau seksi 2B sebenarnya diperkirakan konstruksinya selesai pada Oktober 2021. Lalu pada November dilakukan proses uji laik fungsi sebelum akhirnya di Desember 2021 resmi beroperasi,” ujarnya, Rabu 8 September 2021.

Kehadira jalan tol ini bakal memangkas waktu tempuh Manado-Bitung dari waktu tempuh rata-rata 1,5 jam menjadi setengah jam saja. Selain itu, jalan bebas hambatan ini akan terkoneksi dengan kawasan industri dan pariwisata sehingga akses lebih mudah dijangkau. Kemudian memangkas biaya logistik dari Pelabuhan Bitung sehingga sekaligus mendukung peningkatan perekonomian kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Diharapkan lewat dukungan infrastruktur Tol Manado-Bitung bisa mengembangkan potensi ekonomi di sekitarnya seperti industri perikanan, pertanian, perkebunan dan sektor pariwisata. Seperti halnya memberikan dukungan terhadap pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Manado-Bitung-Likupang.

Asal tahu saja, pembangunan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,85 km dibagi menjadi dua seksi yakni Seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 11 km dikerjakan oleh Kementerian PUPR dengan progres Seksi 1A ruas Manado-Sukur (5 km) dan Seksi 1B ruas Sukur-Airmadidi (6 km).

Sedangkan untuk Seksi 2 Airmadidi-Bitung sepanjang 28,85 km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung yang terbagi Seksi 2A Airmadidi-Danowudu (15,35 km) dan Seksi 2B Danowudo-Bitung (13,5 km).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini