Jadi Relawan, Ridwan Kamil Optimis Indonesia Punya Vaksin Tahun Depan

Baca Juga

MATA INDONESIA, CIREBON – Sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid19 Jawa Barat (Jabar) dan relawan uji klinis vaksin Covid19, Ridwan Kamil optimis tahun depan proses pemberian vaksin untuk warga Indonesia sudah bisa dimulai. Dia juga minta warga Indonesia bersemangat dan kompak menghadapi pandemi ini.

Menurut perkiraan Kang Emil, seperti dikutip Jumat 7 Agustus 2020, begitu Ridwan biasa disapa, uji klinis tahap 3 vaksin dari Sinovac Cina itu diperkirakan membutuhkan waktu hingga awal Januari 2021, jika berjalan lancar.

Setelah dinyatakan berhasil vaksin bisa diberikan kepada seluruh warga Indonesia sepanjang tahun depan sehingga awal 2022 Indonesia benar-benar bersih dari Covid19.

Emil bisa memprediksi karena uji klinis tahap 3 vaksin Covid19 dilakukan di Bandung mulai 11 Agustus 2020 dilakukan Bio Farma dan Tim Riset Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Uji klinis itu membutuhkan 1.620 relawan dan kini sudah ada 800 orang termasuk Ridwan Kamil dan Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial.

Ketua Tim Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad), Kusnandi Rusmil juga membenarkan Ridwan Kamil dan Oded menjadi relawan uji klinis tersebut tetapi perlu diperiksa kesehatannya terlebih dahulu.

Kusnadi mengaku repons masyarakat yang ingin menjadi relawan memang sangat baik sehingga dalam waktu singkat sekarang sudah terkumpul 800 orang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini