Gunung Semeru meletus

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bencana alam kembali menimpa tanah air. Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur kembali erupsi pada Sabtu 16 Januari 2021 sore, pada pukul 17.24 WIB.

Kabar meletusnya gunung tersebut disampaikan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Ia menyampaikan kabar tersebut melalui akun Twitter pribadinya.

“Sore ini, jam 17.24 gunung semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas,” tulis Thoriqul.

Sementara itu, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan, guguran awan panas terjadi sampai dengan pukul 18.35. Kasbani menegaskan bahwa Gunung Semeru saat ini masih berada pada status level II atau ‘Waspada’.

“Terjadi Awan panas guguran Gunung Semeru pukul 17:24 s/d 18:35 WIB dg amplitudo maksimum 22 mm durasi 4.287 detik,” kata Kasbani, Sabtu 16 Januari 2021.

Hingga saat ini, masih dalam pantauan mengenai ada atau tidaknya korban dalam peristiwa ini. Sementara itu, masyarakat yang bermukim di sekitar Desa Sumber Mujur serta Desa Curah Koboan dan sekitarnya, diminta untuk tetap waspada namun tidak panik.

Sebelumnya, Gunung Semeru juga dilaporkan erupsi pada awal Desember 2020. Pada saat itu Gunung Semeru mengeluarkan awan panas hingga 11 kilometer.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here