Ilustrasi kabut asap
Ilustrasi kabut asap

MINEWS.ID, JAKARTA – Untuk menghadapi kabut asap dengan murah meriah, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyarankan warga daerah terdampak menggunakan kain dakron yang dibasahi untuk mencegah asap masuk ruangan.

Kain itu biasanya berwarna putih dan sering digunakan untuk layar kapal atau jaket. Satu kilogramnya kain itu berharga sekitar Rp 30 ribu. Gunakan kain itu saat beraktivitas di dalam ruangan.

Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr. Ahmad Yurianto mengatakan dua tahun lalu kementeriannya bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung telah membangun save community pada masyarakat. Hasil salah satunya adalah menciptakan teknologi tepat guna sederhana berupa pemasangan kain dakron yang dibasahi.

Setelah diuji coba di beberapa sekolah dan dilakukan pengukuran ISPU di dalam dan di luar kelas, ternyata udara lebih baik di dalam kelas karena terpasang kain dakron.

Ahmad Yurianto yang juga akrab disapa Yuri menambahkan pengalaman masalah karhutla pada 2015 telah menyebabkan kematian pada anak. Menurut dia hal itu disebabkan gastroenteritis dan dehidrasi berat karena kurang tersedianya air bersih.

Saat itu sebenarnya episode yang diawali kekeringan dan sulit dapat air bersih sehingga yang muncul gastroenteritis. Lalu rujukan dari fasilitas kesehatan pertama terlambat karena memang warga takut asap di luar sehingga menimbulkan kematian. Jadi penyebab utamanya bukan karena asap.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here