Ini Dia Mitos Soal Kuburan yang Masih Dipercaya Masyarakat

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Masyarakat Indonesia masih sangat memegang kepercayaan yang berkembang atau biasa disebut mitos. Meski tidak memiliki alasan logis namun hal itu sering lebih dipercaya daripada peraturan tertulis, termasuk soal tata cara berada di pekuburan.

Beberapa yang masih dipercaya hingga kini seperti mengucapkan permisi berkali-kali ketika melewati petak-petak kuburan atau jangan menginjak bagian tengah kuburan.

Ternyata bukan itu saja. Masih banyak mitos tentang kuburan yang masih dipercaya masyarakat Indonesia sampai saat ini seperti berikut;

1. Jangan menunjuk kuburan dengan jari telunjuk

Pasti kamu pernah mendengar tentang mitos yang satu ini. Mereka yang melanggar larangan itu harus segera menghisap telunjuknya dengan mulut. Bila tidak segera dikerjakan, dipercaya jari kita akan putus dan membusuk.

2. Mitos menanam tanaman bisa meringankan siksa

Kamu sadar gak kalau di area kuburan banyak sekali pepohonan? Selain berguna untuk pelindung dari panas saat orang berziarah, ternyata ada alasan lain. Tanaman di sekitar makam terutama pada bagian kepala dipercaya dapat memberikan keringanan siksa kubur.

3. Tidak boleh mengambil tanah kuburan

Rumornya tanah kuburan dapat dipakai sebagai medium sihir, contohnya bila ada seseorang yang menginginkan usaha orang lain bangkrut atau membuat rumah tangga musuhnya berantakan.

Ada pula yang percaya jika tanah kuburan diambil, maka arwah dari jenazah terbaring di dalamnya akan datang menghampiri di malam harinya untuk meminta tanah itu dikembalikan ke kuburan.

4. Mandi setelah pulang dari kuburan

Sudah menjadi kebiasaan di masyarakat melayat ke rumah orang yang meninggal dunia untuk membantu prosesi pemakaman jenazah. Mitosnya, setelah pulang kita harus segara mengganti baju yang digunakan dan mandi besar. Bila tidak dilakukan yang bersangkutan akan mengalami pegal-pegal yang amat sangat.

5. Kuburan harus dijaga sepanjang malam

Para orang tua zaman dahulu sering mengatakan kuburan harus dijaga sepanjang malam pada hari pertama. Alasannya jenazah yang baru dikuburkan sering menjadi sasaran para pengikut aliran sesat pencuri mayat atau kain kafan untuk ilmu hitam atau tujuan mistis lainnya.

6. Jangan lupa untuk lepas tali pocong

Mungkin dari berbagai mitos kuburan yang satu ini paling terkenal. Konon bila lupa melepaskan tali pocong arwah jenazah yang dikubur akan medatangi para kerabatnya satu per satu meminta tolong dilepaskan tali itu.

Dari berbagai mitos tentang kuburan, kira-kira mana yang paling kalian percaya.(Nita Khairani)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini