Ini Dia 7 Infrastruktur untuk Geliatkan Ekonomi Daerah yang Selesai Tahun 2019

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Pemerintah Jokowi gencar dan merata membangun jalan arteri maupun tol di seluruh wilayah Indonesia yang berakhir tahun 2019. Tujuannya membuka dan memudahkan daerah diakses sehingga menumbuhkan sentra ekonomi baru.

Mata Indonesia menginventarisir setidaknya ada tujuh proyek jalan yang selesai 2019 ini. Ketujuhnya adalah;

1. Jalan Tol Trans Sumatera
Proyek trans Sumatera yang panjangnya totalnya 2.974 kilometer ini mendapatakan dana sebesar Rp. 10,5 triliun. Dari panjang itu sudah ada dua ruas tol yang selesai tahun ini yaitu Bakauheni-Terbanggi Besar dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. Sedangkan seluruh jalan tol itu akan selesai seluruhnya pada 2024.

2. Jalur LRT Jabodebek
Proyek yang akan beroperasi 2021 ini bakal menghadirkan kecanggihan yang belum pernah ada di Indonesia. Sebab kereta yang digunakan dijejali dengan teknologi grade of automation (GoA) 3.

Jalur longspan LRT Jabodebek di persimpangan Rasuna Said dan Gatoto Subroto pun mencatatkan dua rekor MURI.

3. Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo Jawa Timur
Jalan tol yang resmi digunakan tahun ini benar-benar banyak menyingkat waktu tempuh dari sebelumnya kedua kota tersebut harus ditempuh dalam 2,5 jam, kini hanya perlu waktu 30 menit saja.

4. Jalan Tol Pandaan – Malang
Jalan tol yang mempunyai panjang 38,32 kilometer ini terdiri dari lima seksi yang terbagi menjadi seksi 1 Pandaan- Purwodadi, seksi 2 Purwodadi-Lawang, seksi 3 Lawang-Singosari, seksi 4 Singosari-Pakis dan seksi 5 Pakis-Malang. Kelimanya akan dibuka menjelang Natal 2019 dan bisa digunakan masyarakat menjalani libur natal maupun tahun baru 2020.

5. Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)
Jalan tol dua arah berdampingan ini melalui terowongan kembar sepanjang 472 meter yang menembus perut gunung. Tol Cisumdawu ini panjangnya 61,5 kilometer dan terdiri dari 6 seksi.

6. Jalan Tol Balikpapan – Samarinda
Jalan tol pertama di Kalimantan ini akan menjadi cikal bakal pembangunan insrafstruktur menuju ibu kota baru dengan total panjang 99,35 km.

8. Tol Layang Jakarta – Cikampek (Japek)
Tol Jakarta Cikampek dengan panjang 36,4 kilometer ini membentang di ketinggian sekitar 5 meter dari ruas Cikunir sampai Karawang Barat. Kabar baiknya saat liburan natal 2019 dan tahun baru mendatang sudah bisa digunakan, diharapkan para pengguna jalan yang ingin ke Cikampek tidak terjebak macet di wilayah Bekasi.(Yuri Giantini)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini