Sumber: Istimewa

MINEWS.ID, JAKARTA – Kecelakaan yang diakibatkan dump truk atau lebih kita kenal dengan truk tanah bisa dibilang tidak banyak, bahkan data Korlantas Polri menunjukkan kendaraan ‘raksasa’ itu relatif lebih sedikit terlibat kecelakaan hingga meninggal dunia. Sebab, kendaraan penyebab kecelakaan paling banyak tetap sepeda motor dengan jumlah kecelakaan sebanyak 35.980 hingga triwulan II 2019.

Sementara truk berada di tempat ketiga pada triwulan II 2019 dengan jumlah kecelakaan sebanyak 3.700 kasus.

Tetapi, meski sedikit kecelakaan yang diakibatkan dump truk biasanya menimbulkan dampak yang masif kecelakaan sepeda motor. Terutama jika ‘monster jalanan’ tersebut mengalami gangguan mekanikalnya seperti terjadi di Tol Cipularang beberapa waktu lalu sehingga delapan orang meninggal dan puluhan lainnya terluka.

Minews.id merangkum sejumlah kecelakaan yang diakibatkan dump truk selama 2019. Pada umumnya diakibatkan human error atau kemampuan teknis truk. Berikut daftarnya;

Kecelakaan Maut Cipularang

Terjadi di KM 91, Senin 2 September 2019, mengakibatkan delapan orang tewas dan 21 kendaraan rusak super berat hingga ringan.

Dump truk maut tersebut dinyatakan kelebihan muatan hingga tiga kali lipat dan dimensi kendaraannya juga di perpanjang. Akibatnya truk tersebut sulit dikendalikan saat dalam kecepatan tinggi seperti waktu kecelakaan terjadi.

Polisi bukan hanya menetapkan supirnya S, tetapi juga perusahaan pemilik truk tersebut sebagai tersangka. Mereka dikenakan pasal kelalaian sehingga mengakibatkan hilangnya nyawa orang.

Tabrakan Beruntun di Bintaro Tangerang Selatan

Hanya berselang empat hari, dump truk juga menjadi penyebab kecelakaan di Bintaro 6 September 2019.

Tabrakan yang mengakibatkan ringseknya lima kendaraan lain tersebut, menurut polisi akibat supir truk mengantuk.

Tidak ada korban manusia, namun lima kendaraan kecil yang ditabraknya rusak parah. Ya iyalah yang nabrak kan kendaraan monster.

 

Dump Truk Gencet LCGC

Peristiwa 1 Agustus 2019 itu terjadi di Kawaci, Tangerang. Akibatnya empat penumpang mobil low cost green car (LCGC) itu tewas. Hanya seorang bayi yang selamat.

Polisi menduga truk yang saat itu bermuatan tanah terlihat hilang kendali dan oleng hingga terbalik menimpa LCGC tersebut bernomor polisi B 1932 COE yang melintas dari arah berlawan dengan truk.

Truk itu oleng karena as rodanya patah akibat kelebihan muatan hingga menimpa LCGC hingga gepeng.

Dump Truk Tabrak Sepeda Motor

Kecelakaan yang terjadi di tikungan Mojoranu, Dawung, Sambirejo, Sragen 25 Juli 2019 tersebut diduga akibat sepeda motor AB 5016 G yang dikemudikan Sunarso terlalu melaju di tengah jalur jalan sehingga di tikungan tersebut bersenggolan dengan dump truk AD 1489 DN yang dikemudikan Suwarno.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 15.30 WIB tersebut langsung menyebabkan Sunarso meninggal dunia di tempat.

Lagi, Dump Truk Lawan Sepeda Motor

Kecelakaan terjadi di ruas Jalan Lintas Trans Kalimantan Palangka Raya – Buntok, tepatnya di Desa Sei Gawing, Kecamatan Mantangai, Barito Selatan, pada Selasa, 14 Mei 2019.

Saat kecelakaan kedua kendaraan itu sedang melaju dari arah yang saling berlawanan. Di Sei Gawing keduanya bersenggolan sehingga terjadi kecelakaan itu mengakibatkan pengendara sepeda motor meninggal dunia.

 

Dump Truk Terbalik

Itu adalah kecelakaan tunggal yang menimpa sebuah dump truk hijau BE 9868 BU bermuatan pasir di Jalan Pramuka Rajabasa, Lampung, 15 Agustus 2019. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Truk yang melaju dari Rajabasa arah Kemiling saat itu diduga mengalami gangguan rem angin hingga tak kuat menanjak.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here