Ini Daftar Efek Samping Vaksin Covid19 Sinovac yang Diterima Komnas KIPI

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Masih banyak orang Indonesia, bahkan yang berpendidikan baik ketakutan Vaksin Covid19 Sinovac membuat mereka celaka. Padahal efek samping vaksin itu sangat ringan, umumnya hanya mengalami pegal, lapar dan mengantuk.

Fakta itu berdasarkan 30 laporan yang masuk ke Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) setelah memantau langsung dan mendengar laporan masyarakat hingga Rabu 20 Januari 2021.

“Dari laporan KIPI yang masuk ke kami, semua bersifat ringan dan sesuai dengan laporan jurnal-jurnal dan tempat lain, semua kondisinya sehat. Jadi tidak ada yang memerlukan perhatian khusus sampai saat ini,” ujar Ketua Komnas KIPI, Prof. DR Dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), M. TropPaed, yang dikutip Sabtu 23 Januari 2021.

Bahkan dokter dan tim penanganan Covid19 yang telah menerima vaksinasi Covid19 dosis pertama, dr. Muhammad Fajri Adda’i mengatakan tidak merasakan reaksi tidak wajar.

Saat penyuntikannya pun menurutnya tidak terasa sakit hingga setelahnya dalam keadaan normal belaka.

Nakes lainnya pun mengalami kejadian beragam yang hanya terdiri dari demam, nyeri, lemas, merasa lapar terus menerus, hingga mengantuk.

Muhammad Fajri menilai vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kombinasi tepat untuk melindungi kita masing-masing dan negara ini dari pandemi Covid19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini