Ini Alasan Ridwan Kamil Minta Jaksa Agung Pegang Lima Nilai Sunda

Baca Juga

MINEWS.ID, BANDUNG – Di hadapan peserta Silaturahim Gubernur dengan Jaksa Agung di Bandung, ST Burhanuddin mengaku sebagai Jaksa Agung pertama dari tatar Sunda. Benarkah begitu?

Menurut catatan Wikipedia, setidaknya ada tiga pendahulu Burhanuddin juga berasal dari Jawa Barat, yaitu Bogor.

Mereka adalah Jaksa Agung pertama Gatot Taroenamihardja yang menjabat 12 Agustus 1945 sampai dengan 22 Oktober 1945, Tirtawinata periode 1946-1951 dan Marzuki Darusman pada periode 1999-2001.

Dua dilahirkan di Bogor dan satu orang yaitu Gatot Taroenamihardja dilahirkan di Sukabumi. Sementara ST Burhanuddin dilahirkan di Cirebon. Jadi Burhanuddin adalah orang Cirebon pertama yang menjabat Jaksa Agung.

Meski begitu, pantas lah warga Sunda berbangga dengan penunjukkan Burhanuddin sebagai Jaksa Agung Republik Indonesia. Sebab dari 24 Jaksa Agung, 18 orang di antaranya bisa disebut suku Jawa.

Jika MA Rachman yang dari Madura tidak dihitung sebagai suku Jawa pun, jumlah Jaksa Agung dari Jawa masih lebih banyak yaitu 17 orang.

Maka, tidak heran jika Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Jaksa Agung RI ST Burhanuddin memegang teguh lima nilai Sunda atau panca jatidiri Sunda agar selamat menjalankan amanah tersebut.

Yakni, waringkas dedeganna, pengkuh agamana, luhung elmuna, someah akhlakna, dan jembar budayana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini