Industri Penerbangan Pasca Covid-19, Seperti Apa Nasibnya?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah pandemi corona atau Covid-19 berakhir kelak, industri penerbangan kemungkinan besar akan cukup terdampak, terutama terkait social distancing.

Menurut analis penerbangan, Brendan Sobie, dampak paling mencolok yang mungkin dirasakan industri itu adalah volume penumpang yang menurun. Pesawat hanya akan diisi setengah dari biasanya, penumpang pun mulai memakai masker, dan menjadi pemandangan baru.

“Ini semua adalah awal, ketika maskapai berusaha mencari tahu norma baru,” kata Sobie, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis 30 April 2020.

Nantinya, hal yang baru itu perlahan-lahan akan semakin dianggap biasa saja atau lumrah. Terlebih, ketika saat ini beberapa maskapai seperti Jetstar Asia, Air New Zealand, KLM dan United Airlines juga telah melaksanakannya.

Ia menilai, pengurangan kursi menjadi pilihan utama maskapai penerbangan saat ini dalam menjalankan bisnisnya. Sebagai contoh Jetstar Asia, dalam setiap penerbangan mengklaim hanya mengisi kursi tak lebih dari 112. Jumlah itu tak sampai 60 persen kapasitas awalnya.

Bahkan, Air New Zealand, KLM dan United Airlines sengaja memblokir kursi tertentu agar tak dipesan dalam pemasarannya. Dari semua upaya itu, para maskapai memiliki tujuan untuk memastikan jarak aman di dalam pesawat, khususnya dari penyebaran virus.

Sobie berkata, layanan seperti makanan dan air yang disajikan di dalam pesawat juga akan dikurangi. Jika melihat dari sisi maskapai, cara tersebut tentu akan berdampak pada pendapatan maskapai yang semakin kecil. Sehingga kenaikan tarif ke depannya juga dipastikan akan terjadi untuk menutupi keperluannya.

“Pendapatan bisa jauh di bawah 50 persen. Kargo saat ini merupakan sumber pendapatan utama bagi maskapai,” ujarnya.

1 KOMENTAR

  1. Bukan hanya industri penerbangan saja yg terdampak, sektor pariwisata, transportasi juga akan tersungkur. Tapi yakin bahwa ini hanya sementara. Nanti juga bangun lagi kok perekonomian bangsa… Kecuali orang mati, nah baru tidak bisa bangun, hehehe #KomenPositif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini