India Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, NEW DELHI – India sudah bersiap-siap menghadapi gelombang baru Covid-19 di tengah penyebaran varian delta yang mulai meluas. Sejumlah rumah sakit di India melakukan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 pada musim festival yaitu September-November.

Rumah Sakit Sir Ganga Ram di New Delhi telah belajar dari pengalaman ketika Tsunami Covid-19 melanda India pada April dan Mei lalu. Rumah sakit tersebut telah menambah jumlah tempat tidur dan  memastikan pasokan oksigen yang cukup.

Ganga Ram meningkatkan kapasitas penyimpanan oksigennya sebesar 50 persen. Rumah sakit tersebut juga telah memasang pipa sepanjang satu kilometer yang akan mengalirkan oksigen ke ICU khusus Covid-19 serta memasang peralatan untuk menjaga aliran oksigen tetap tinggi.

”Mengingat kemungkinan munculnya varian virus Corona dengan tingkat penularan dan kekebalan yang lebih tinggi, rumah sakit mempersiapkan kondisi yang terburuk,” kata Direktur Medis Rumah Sakit Sir Ganga Ram, Satendra Katoch.

Selama puncak gelombang kedua pandemi Covid-19 di India, Ganga Ram memperluas kapasitasnya hampir 50 persen menjadi sekitar 600 tempat tidur. Namun kasus Covid-19 yang melonjak sangat drastis, membuat 500 pasien di Ganga Ram harus masuk ke dalam daftar tunggu untuk mendapatkan tempat tidur.

Secara nasional, India telah menambah jumlah tempat tidur rumah sakit dalam beberapa bulan terakhir dan mengimpor lebih dari 100 oksigen. Pemerintah federal telah menyetujui pembangunan hampir 1.600 pabrik penghasil oksigen di rumah sakit.

Selain itu, hampir semua negara bagian di India menyiapkan bangsal pediatrik atau bangsal anak-anak khusus Covid-19. Beberapa ahli memperingatkan anak-anak yang tidak divaksinasi rentan terhadap varian baru virus korona.

Survei pemerintah memperkirakan, sebanyak dua pertiga orang India sudah memiliki antibodi penangkal Covid-19 melalui infeksi alami. Sementara 57 persen orang dewasa telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid19.

“Jumlah orang yang rentan akan berkurang sekarang, karena banyak orang telah terinfeksi atau divaksinasi,” kata ahli epidemiologi dan ahli jantung K. Srinath Reddy.

India mencatat 33,1 juta kasus Covid-19, dengan 441.042 kematian. India telah memberikan 698,4 juta dosis vaksin. Setidaknya 57 persen dari 944 juta orang dewasa telah mendapatkan satu dosis vaksin Covid-19. 17 persen mendapatkan dua dosis vaksin. Ahli epidemiologi dan spesialis kesehatan masyarakat Chandrakant Lahariya mengatakan, data dan tren penularan virus korona di India cukup menggembirakan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini