Ikut Vaksinasi Binda Kaltara, Siswa SD: Gak Sakit, Malah Makin Kebal Kayak ‘Avengers’

Baca Juga

MATA INDONESIA, TARAKAN – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bersama tenaga medis puskesmas terus menggenjot target vaksinasi massal untuk kategori penerima kelompok rentan, seperti lansia dan anak-anak usia 6-11 tahun di kota Tarakan. Salah satunya di SDN 020 Tarakan di Sebengkok, yang berlangsung hari ini, Kamis 30 Desember 2021.

Pemberian vaksin bagi siswa sekolah dasar yang dilakukan dalam beberapa hari ini, sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. Menariknya saat ditemui wartawan, para siswa mengaku tidak takut divaksinasi.

“Gak sakit kok, aku berani disuntik biar gak kena corona (Covid-19, red),” ujar Rina Rahayu, salah satu siswi SDN 020 Tarakan kepada wartawan hari ini.

Selain itu, siswi yang duduk di kelas 1 C tersebut mengaku senang bisa bertemu dengan teman-temannya di sekolah. Kemudian, ada Bagas yang juga rekan sekelas Rina turut disuntik vaksin COVID-19.

Bagas mengatakan ikut vaksinasi agar tubuhnya kuat dan kebal seperti superhero Avengers. Meskipun dirinya mengaku merasa sedikit kesakitan saat disuntik.

“Ya dikit-dikit sakit, tapi khan tubuh aku malah makin kuat dan kebal dari Covid-19. Biar kayak Avengers,” celoteh Bagas di lokasi yang sama.

Berdasarkan informasi yang diterima, Binda Kaltara pada hari ini melakukan suntik vaksin terhadap ribuan siswa yang berasal dari sejumlah sekolah, antara lain SDN 005 Tarakan Tengah, SDN 020 Sebengkok, SDN 004 Kampung Empat, SDN 024 Karang Anyar, SDN 043 Juata Kerikil. Selain para siswa yang hadir juga ada yang berasal dari sekolah lain.

Dalam kegiatan vaksinasi kali ini, Binda Kaltara bekerja sama dengan tenaga medis puskesmas setempat, serta dinas pendidikan menggunakan vaksin jenis Sinovac. Siswa yang selesai divaksinasi harus diobservasi dulu untuk melihat apakah ada gejala yang dialami.

Untuk diketahui, program vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di Provinsi Kaltara merupakan implementasi dari instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Yakni memerintahkan jajarannya untuk mengoptimalkan vaksinasi agar dapat melindungi anak-anak dari penyebaran Covid-19 baik varian lama maupun varian baru.

Jokowi pun mengingatkan agar penyuntikan vaksin Covid-19 diperhatikan sebab anak-anak juga harus mendapatkan imunisasi lainnya. Sementara Kepala Binda Kaltara, Brigjen Sulaiman menyebut bahwa kegiatan vaksinasi massal di wilayah kerjanya, setiap harinya mengalami peningkatan.

Adapun vaksinasi ini merupakan bentuk dukungan BIN untuk mewujudkan kekebalan komunal atau herd immunity pada akhir 2021. Brigjen Sulaiman juga menyebut bahwa kegiatan ini tak akan terwujud apabila tidak ada sinergi yang kuat antarlembaga.

“Pelaksanaan program vaksinasi massal ini butuh sinergi antarlembaga dan seluruh elemen. Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta terlibat menyukseskan program vaksinasi, dengan harapan kekebalan kelompok bisa tercapai. Yang belum divaksin segeralah datang ke gerai vaksin yang ada,” katanya.

Reporter: Puji Christianto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pembukaan WWF ke-10: Indonesia Dorong Kolaborasi Hadapi Masalah Air Global

BALI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka 10th World Water Forum di Bali International Convention Centre (BICC),...
- Advertisement -

Baca berita yang ini