Icip-icip Itak Gurgur, Kuliner Khas Batak yang Legendaris

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Setiap provinsi di Indonesia memiliki kuliner khas yang jadi unggulan daerahnya. Salah satunya Sumatera Utara (Sumut) yang terkenal dengan olahan daging dan ikannya terutama bagi masyarakat Batak yang tinggal pesisir Danau Toba.

Namun, ternyata ada satu makanan khas Batak Toba yang banyak dibuat dengan sangat sederhana namun kaya akan filosofi, yaitu Itak Gurgur. Makanan tradisional ini hanya disajikan ketika memanjatkan doa saat momen-momen tertentu seperti dalam menanam padi.

Doa ini dulunya dilakukan setelah lama negeri Sagala ditimpa musim kemarau, lalu masyarakat berdoa di masing-masing sawahnya dan memberikan sajian. Hujan pun mulai turun dan air mulai menggenang.

Bunyi doanya adalah ‘On ma itak gurgur dan ompung, gurgur ma gogo ni haumanami on.’ yang memiliki arti ‘Inilah itak gurgur (tepung beras yang ditumbuk) ya ompung (somba on Martua Pusuk Buhit dan Mulajadi Nabobol), berlipat gandalah hasil sawah kami’. Demikian doa-doa petani yang diucapkan kepada dewa-dewa dan roh leluhur.;

Dilansir dari laman hitabatak, dalam Bahasa Batak, Itak artinya beras yang digiling secara tradisional, sedangkan Gurgur sering diartikan mendidih atau membara.

Sekilas, arti ini sedikit berbeda dengan cara pembuatannya yang sama sekali tidak dimasak. Namun, ternyata ini merupakan filosofi yang ada di dalam makanan tradisional ini.

Konon, yang dimaksud mendidih atau membara itu adalah semangat yang menikmati Itak Gurgur. Bagi siapa saja yang menyantap makanan ini diharapkan memiliki semangat yang mendidih dan membara.

Kembali ke sajian, Itak gurgur dibuat dengan sangat sederhana tanpa dimasak. Bahan utama makanan ini adalah tepung beras. Sebelum ada alat penggilingan, beras hanya ditumbuk sehalus mungkin.

Bahkan hingga kini sebagian masyarakat masih ada yang mempertahan pengolahan seperti ini karena dianggap rasa Itak Gurgur justru terasa lebih enak.

Cara membuatnya adalah beras terlebih dahulu direndam. Kemudian dicampur dengan garam, gula, dan kelapa parut. Semua bahan tersebut diaduk merata. Setelah itu baru dikepal-kepal hingga padat kemudian Itak Gurgur sudah dapat dinikmati.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini