Honda Rancang Sepatu Pintar untuk Peyandang Tunanetra

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kemajuan teknologi terus dimanfaatkan bagi mereka yang membutuhkan. Salah satunya, merancang sistem bagi penyandang tunanetra.

Honda Motor Co merancang sistem navigasi GPS baru untuk sepatu. Sistem navigasi GPS ini disebut Ashirase. Melansir Japan Today, sistem ini bekerja sama dengan aplikasi ponsel cerdas, untuk menetapkan tujuan sebelum memulai berjalan kaki.

Saat berjalan sensor memungkinkan sistem untuk menentukan posisi Anda saat ini dan memberi Anda arah di sepanjang jalan melalui getaran di sepatu.

Tali perangkat dilengkapi dengan compact oscillators dan menyalakan sektor yang berbeda menunjukkan arah yang berbeda. Ketika bagian di sisi kaki kiri Anda bergetar, misalnya, itu berarti “Belok kiri”. Gemuruh di sepanjang tepi luar kaki kanan Anda adalah “Belok kanan”.

Getaran di kedua kaki adalah sinyal “Berhenti”. Ketika pengguna menghadap ke arah yang benar, rasa kesemutan di kedua set jari kaki memberitahu Anda untuk bergerak maju.

Bagi mereka dengan penglihatan buruk atau masalah mata lainnya, memeriksa layar ponsel adalah sulit atau bahkan tidak mungkin. Dengan hands-free berarti Ashirase tidak menyebabkan masalah bagi mereka yang berjalan dengan tongkat. Getaran panduan menggantikan instruksi verbal menghilangkan kebutuhan untuk memakai earphone.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini