Hoax Masih Hambat Pengendalian Covid19 di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sudah satu tahun lebih Pandemi Covid19 melanda Indonesia dan misinformasi maupun hoax masih menjadi penghambat pengendaliannya.

Setidaknya ada dua jenis hoax yang sukses menjadi penghambat sepanjang tahun tersebut yaitu stigma negatif penderita Covid19 dan menolak protokol kesehatan serta vaksin.

Pesan yang diterima Mata Indonesia News, Sabtu 3 April 2021 tersebut berasal dari edukator Covid19, dr. RA Adaninggar.

“Sudah 1 tahun lebih pandemi, misinformasi dan hoax masih banyak dan ada yang baru terus setiap hari,” ujar perempuan yang dipanggil Dokter Ning tersebut.

Keberhasilan hoax tersebut karena masyarakat minim literasi dan tidak terbiasa berpikir rasional.

Akibatnya mereka lebih mudah percaya kepada sumber-sumber informasi yang meyakinkan meski substansinya tidak masuk akal.

Dia mengingatkan bahwa Pandemi Covid19 bukan sebuah keyakinan tetapi ilmu pengetahuan yang bisa dibuktikan kebenarannya.

Kebenaran ilmiah menurut perempuan yang berpraktik di Surabaya itu, tidak ada yang absolut. Setiap haris akan ada perkembangan baru berbasis bukti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini