Hoax, Antibodi Cuma Naik Sampai Hari ke-28 Usai Disuntik Vaksin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Belakangan beredar postingan yang menyatakan antibodi dari orang yang divaksin bertambah hanya di hari ke-10 hingga hari ke-28 setelah mendapat suntikan dan setelah itu perlahan-lahan turun hingga 0.

“Itu adalah hoax,” demikian pesan dokter relawan Covid19, dr Muhammad Fajri Addai yang diterima Mata Indonesia News, Rabu 24 Maret 2021.

Hal yang benar seperti dimuat jurnal kesehatan Lancet, pasca penyuntikan vaksin yang pertama grafik antibodi akan terus naik pada hari ke-7 hingga ke-14 terus sampai ke hari ke-28.

Setelah itu, usai ditambah dengan penyuntikan vaksin yang ke-2 agar kadar antibodi terus meningkat sesuai penelitian yang dilakukan sebelumnya.

Untuk mendapat kadar antibodi yang tinggi setiap usai penyuntikan memang membutuhkan waktu dan setiap orang berbeda-beda reaksinya.

Namun ada bukti yang menarik bahwa orang dengan tidur yang cukup dan makan makanan bergizi sebelum vaksinasi umumnya mengalami peningkatan antibodi signifikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini