Benih misterius dari Cina
Benih misterius dari Cina

MATA INDONESIA, JAKARTA-Warga Amerika Serikat (AS) baru-baru ini dihebohkan dengan adanya laporan kiriman benih misterius yang muncul dalam bentuk paket dari Cina.

Berdasarkan keterangan yang dilaporkan Departemen Pertanian AS, Selasa 28 Juli 2020, setidaknya ada 27 negara bagian yang melaporkan kasus pengiriman benih misterius dari Cina. Otoritas setempat mendesak warganya untuk segera melaporkan bagi siapa saja yang menerima paket tersebut.

Selama benih-benih itu belum diidentifikasi dan diteliti, otoritas melarang warga untuk menanam benih karena ditakutkan bisa menjadi spesies tanaman invasif.

“Kami berharap agar warga membiarkan benih agar tetap dalam kemasannya, termasuk label pengiriman, sampai seseorang dari departemen pertanian atau APHIS (Animal and Plant Health Inspection Service) menghubungi dan memberikan instruksi selanjutnya,” ujar Layanan Inspeksi Kesehatan Hewan dan Tanaman Departemen Pertanian AS dalam pernyataan resmi, seperti dikutip Science Alert.

Presiden lembaga swasta perlindungan konsumen Better Business Bureau cabang Utah, Jane Rupp menduga paket itu merupakan penipuan berkedok ‘brushing scam’, sebuah teknik penipuan yang digunakan penjual untuk meningkatkan rating-nya di e-commerce dengan membuat pesanan palsu.

Pelaku biasanya menggunakan identitas orang lain untuk menyamar sebagai pembeli yang terverifikasi, sehingga mereka bisa menulis ulasan positif untuk pesanan fiktifnya.

Sedangkan Sid Miller, Komisaris Pertanian Texas berpendapat, benih ini mungkin bisa menjadi bencana ekologis karena dicurigai sebagai bibit dari tanaman invasif.

“Spesies tanaman invasif mungkin tidak terdengar mengancam, tetapi mereka bisa menghancurkan pertanian di Texas,” ujarnya dalam siaran pers.

Para ilmuwan juga tampaknya setuju dengan pendapat Miller. Itu sebabnya Departemen Pertanian AS punya aturan ketat ihwal tanaman dan bahan organik yang diimpor dari luar negeri.

Belum jelas siapa sebenarnya pengirim paket-paket misterius tersebut, termasuk mengapa mereka didistribusikan dan apakah benih tersebut benar-benar berbahaya atau tidak. Yang pasti, warga di sana diimbau untuk tidak menanam dan segera melaporkan kepada otoritas setempat jika menerima paket misterius tersebut.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here