Hati-hati, 16 Gunung Api di Indonesia Masuk Status Waspada

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan ada 16 gunung api di Indonesia yang statusnya masuk Level II alias Waspada.

Dari total 127 gunung api aktif di Indonesia, ada 69 gunung yang dipantau secara menerus 24 jam sehari. Dari pemantauan ketat tersebut, hasilnya ada empat gunung api masuk status Level III atau Siaga, sementara 16 gunung api statusnya Waspada.

Adapun empat gunung berstatus Siaga tersebut yakni G. Sinabung (Sumatra Utara) sejak 20 Mei 2019, G. Agung (Bali) sejak 10 Februari 2018, G. Soputan (Sulawesi Utara/Sulut) sejak 3 Oktober 2018, dan G. Karangetang (Sulut) sejak 20 Desember 2018.

Adapun 16 gunung api berstatus Level II itu yakni G. Merapi (Jawa Tengah & Yogyakarta), Marapi (Sumatra Barat), Kerinci (Jambi), Semeru (Jawa Timur), Bromo (Jawa Timur), Rinjani (NTB), dan Sangeangapi (NTB).

Selain itu, sisanya yakni G. Rokatenda (Flores, NTT), Lokon (Sulawesi Utara), Gamalama (Maluku Utara), Gamkonora (Maluku Utara), Ibu (Halmahera, Maluku Utara), Dukono (Maluku Utara), Ili Lewotolok (Lembata, NTT), Banda Api (Maluku), dan Anak Krakatau (Lampung). Sisanya, ada 49 gunung api yang statusnya di level Normal.

Terkait dengan Gunung Sinabung yang merupakan salah satu gunung api paling aktif di Indonesia saat ini, tingkat aktivitas sejak tanggal 20 Mei 2019 pukul 10.00 WIB diturunkan menjadi Level III (Siaga). G. Sinabung (2.460 m dpl) mengalami erupsi sejak tahun 2013. Erupsi terakhir tanggal 9 Juni 2019.

Gunung Merapi juga masuk Waspada. Gunung yang berada di 2.968 m dpl ini mengalami erupsi tidak menerus. Berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya, maka pada 21 Mei 2018 pukul 23.00 WIB tingkat aktivitas G. Merapi dinaikkan dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada).

Adapun Gunung Api Kerinci juga masuk Waspada. Kerinci yang berada di 3.805 m dpl mengalami erupsi tidak menerus. Dari kemarin hingga pagi ini visual gunung api jelas hingga tertutup kabut, hujan gerimis. Asap kawah utama teramati berwarna putih tipis, intensitas sedang, tinggi 150-300 meter dari puncak. Angin bertiup lemah hingga kuat ke arah timur laut.

Gunung Bromo tingkat aktivitas Level II (Waspada). Bromo mengalami erupsi tidak menerus. Dari kemarin hingga pagi ini visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah utama berwarna putih tipis, tinggi 50-300 meter dari puncak. Angin bertiup lemah ke arah baratdaya, barat dan barat laut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini