Hari Ini Jakarta dan Serang Tanpa Bayangan, Cek Waktu Terjadinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Indonesia untuk kedua kalinya pada tahun ini mengalami fenomena hari tanpa bayangan yang dimulai sejak 7 September lalu hingga pertengahan Oktober ini.

Hari ini, Kamis 8 Oktober 2020, Jakarta dan Serang yang mengalaminya. Untuk Jakarta pukul 11.40.96 WIB, diperhitungkan bakal terjadi di Jakarta, sedangkan Serang terjadi pukul 11.42.52 WIB. Besok, giliran Kota Bogor dengan jam yang tertentu pula.

Untuk Jakarta bakal dilakukan pengamatan pergerakan bayangan di Tugu Monas oleh Planetarium dan Observatorium Jakarta.

Ini adalah fenomena yang berkaitan dengan posisi astronomis Indonesia, yakni saat kulminasi matahari berada tepat di titik atas titik pengamat (zenith).

“Ketika Matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga ketika tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai Hari Tanpa Bayangan,” tulis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam akun media sosialnya.

Hari Tanpa Bayangan terjadi dua kali setahun untuk beberapa kota yang terletak di antara Garis Balik Utara dan Selatan. Garis Balik Utara dengan posisi 23,4 derajat Lintang Utara, sedangkan Garis Balik Selatan di 23,4 derajat Lintang Selatan.

Wilayah yang berada tepat di Garis Balik Utara dan Selatan hanya satu kali mengalami Hari Tanpa Bayangan dalam setahun. Fenomena ini terjadi saat Solstis Juni pada 21-22 Juni dan Solstis Desember pada 21-22 Desember. Solstis adalah peristiwa pergerakan semu matahari akibat rotasi bumi yang miring.

Selain wilayah yang terletak di antara atau tepat di Garis Balik Utara dan Selatan, matahari tidak berada di posisi zenit ketika tengah hari. Artinya, wilayah tersebut tidak mengalami fenomena Hari Tanpa Bayangan sepanjang tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Dalam Sidang Sengketa Bukti Pemilu Berjalan Demokratis

Pemilihan Umum (Pemilu) adalah fondasi utama dari sebuah sistem demokrasi yang sehat. Namun, ketika sengketa muncul terkait dengan integritas...
- Advertisement -

Baca berita yang ini