Gunung Merapi Masih Erupsi Minggu Dini Hari

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYAKARTA – Gunung Merapi masih menyemburkan material vulkaniknya Minggu 29 Maret 2020 dini hari sekitar pukul 00.15 WIB. Saat itu tinggi semburan mencapai 1,5 kilometer dari puncak kawah.

Semburan itu terekam Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) yang dipantau di Yogyakarta. Abu vulkanik tersebut dibawa angin ke arah barat.

Letusan yang menyemburkan material vulkanik itu terjadi sejak Jumat 27 Maret 2020 dan sempat melontarkan abu hingga setinggi 5 kilometer dari puncak.

Pada Sabtu 28 Maret 2020 pagi, gunung berapi paling aktif di Jawa itu juga mengalami erupsi pada pukul 05.21 WIB dengan tinggi kolom 2 kilometer lalu pada malam harinya melontarkan lagi abu vulkanik setinggi 3 kilometer.

Gunung itu juga mengalami erupsi dua kali pada Jumat 27 Maret 2020. Erupsi pertama terjadi pada pukul 10.46 WIB dengan tinggi kolom 5 kilometer dan erupsi berikutnya pada pukul 21.46 WIB dengan tinggi kolom 1 kilometer.

Akibat sejumlah letusan itu, mengakibatkan hujan abu tipis di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Begitu juga di wilayah Muntilan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini