Gokil, Pisang Papua Besar Sekali! Sekarang Bisa Kita Beli

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernah terpikir untuk memiki pisang yang super besar? Di Papua memang ada Musa Ingens yang mampu tinggi hingga 20 meter dan buahnya sepanjang 18 sentimeter dengan diameter hingga 4 sentimeter. Tetapi kita bisa juga memilikinya karena sebuah toko online menjual bibit itu seharga Rp 250 ribu per buah.

Pohon itu pertama kali ditemukan Warga Papua bernama Jeff Daniels di Pegunungan Arfak pada 1989. Saat itu, banyak orang terkejut karena bentuknya yang luar biasa.

Kepala Pusat Penelitian Keanekaragaman Hayati (Puslit Kehati) Universitas Papua (Unipa) Manokwari, Charly Heatubun, pernah menyatakan pisang raksasa itu merupakan tanaman endemik tanah Papua.

Pisang itu tumbuh di ketinggian 1.000 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Selain mencapai tinggi 20 meter pelepah daun pisang itu mencapai 5 meter.

Musa Ingens mampu menghasilkan setandan pisang seberat 60 kilogram. Panjang buahnya 18 cm.

Sayangnya berdasarkan penelitian, pisang raksasa itu sulit berkembang biak karena jarang muncul tunas pada bonggolnya.

Pisang tersebut raksasa juga bisa berkembang biak melalui biji yang keras yang terdapat pada buahnya.

Disebutkan untuk berkecambah, biji pisang itu membutuhkan waktu sekitar satu tahun. Setelah menjadi kecambah, tunas akan tumbuh pelan-pelan menjadi anakan pisang.

Untuk beli bibit pisang Musa Ingens bisa mengakses laman ini;

https://shopee.co.id/Bibit-pisang-Musa-Ingens-Papua-i.65517282.3604922448

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini