Gak Sampai Setahun, Patung Bambu Setengah Miliar Kebanggaan Gubernur Anies Dibongkar

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Masih ingat patung bambu di Bundaran HI yang pembuatannya mengundang kontroversi tahun lalu? Ternyata instalasi seni senilai Rp 550 juta yang disebut ‘Bambu Getah Getih’ itu hanya bertahan kurang dari setahun.

Kalau Kamu melintas di kawasan tersebut sekarang dipastikan tidak akan menemui karya yang aneh tersebut jika dibandingkan kondisi landscape sekitarnya.

Ternyata Dinas Kehutanan DKI Jakarta sudah membongkar karya seni itu Rabu 17 Juli 2019 malam.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dikabarkan akan menggantikan karya tersebut dengan taman yang serasi dengan kondisi lingkungan di situ.

Pada 16 Agustus 2018, saat meresmikannya Gubernur Anies Baswedan mengira karya seni tersebut akan menarik bagi para peserta Asian Games 2018 di Jakarta.

Namun saat itu masyarakat banyak yang menilai aneh ditempatkannya karya seni tersebut.

Kala itu banyak pengamat seni yang menilai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak paham seni karena menempatkan karya Joko Avianto tersebut di ruang yang tidak pas.

Sebab di jalan protokol tersebut sebelumnya sudah didominasi karya seni, terutama patung-patung yang berdiri gagah seperti patung Jenderal Sudirman, patung Selamat Datang yang selama ini ikonik dan monumental, maupun Garuda Wisnu Kencana karya pematung kondang Nyoman Nuarta.

Karya Joko Avianto dinilai tidak serasi dengan karya seni yang sudah ada sehingga merusak estetika ruang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini