MATA INDONESIA, MUENCHEN – Hans-Flick membawa Bayern Muenchen meraih treble winners termasuk juara Liga Champions. Tapi, gaji Flick jauh di bawah Pep Guardiola dan hanya setengah dari gaji Jose Mourinho.

Flick membawa Bayern juara Liga Champions setelah mengalahkan PSG 1-0, Senin 24 Agustus 2020 dini hari WIB di Estadio da Luz. Ini merupakan titel keenam Liga Champions Die Roten sepanjang sejarah klub.

Mungkin banyak yang tak kenal sosok Flick. Sebelumnya, dia adalah asisten pelatih Niko Kovac yang merupakan pelatih utama Bayern. Tapi, penampilan The Bavarians sangat buruk hingga akhirnya Kovac dipecat.

Kemudian, Flick dipercaya menjadi caretacker atau pelatih sementara. Awalnya hasil yang didapat Bayern kurang meyakinkan. Perlahan tapi pasti, Flick mampu membawa Thomas Muller dkk. ke jalur yang tepat. Sejak kekalahan dari Borussia Monchengladbach di 7 Desember, Bayern tak pernah lagi kalah termasuk mencatatkan 13 kemenangan beruntun di Bundesliga.

Pencapaiannya di Liga Champions juga tak kalah fenomenal. Dia membawa Bayern menyapu bersih semua laga dengan kemenangan hingga akhirnya menjadi juara. Di ajang Piala Jerman atau DFB Pokal, Bayern mengalahkan Bayer Leverkusen di final.

Bicara soal gaji, Flick hanya dibayar 7,5 juta Poundsterling (144 miliar Rupiah) per musim. Jumlah itu jauh di bawah gaji Guardiola bersama Manchester City sebesar 20 juta Poundsterling (385 miliar Rupiah) per musim.

Gaji Flick setengah dari apa yang diterima Mourinho di Tottenham Hotspur. The Special One menerima bayaran 15 juta Poundsterling (289 miliar Rupiah) per musim. Bahkan, gaji Flick kalah dari Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United yang musim ini promosi ke Liga Premier Inggris. Bielsa mendapat bayaran 8 juta Poundsterling (154 miliar Rupiah) per musim.

Meski demikian, ada satu hal yang bisa dibanggakan Flick. Dia mampu memberikan gelar Liga Champions kepada Bayern, sesuatu yang tak bisa dilakukan Guardiola saat melatih di Allianz Arena. Bahkan, sejak meninggalkan Barcelona, Guardiola belum mampu lagi mengangkat trofi Si Kuping Besar.

Dengan keberhasilannya membawa Bayern meraih treble winners, besar kemungkinan Flick akan mendapatkan kenaikan gaji. Hanya saja, gaji barunya pasti masih di bawah Guardiola atau Mourinho, yang sudah 10 tahun tak menjuarai Liga Champions.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here