Fenomena Blood Moon Bakal Terjadi Bulan Ini, Catat Waktunya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tahun 2021 ini, fenomena Blood Moon bakal kembali muncul di langit pada 26 Mei mendatang. Fenomena bulan langka ini terakhir kali terjadi pada 20-21 Januari 2019 lalu, fenomena bulan purnama yang tampak kemerahan dalam bayang-bayang Bumi ini bisa disaksikan dari banyak wilayah pada tahun ini.

Menurut catatan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Blood Moon 2021 akan berlangsung secara keseluruhan selama 3 jam 7 menit—sudah termasuk gerhana parsial dan gerhana total. Bagian gerhana bulan total saja akan berlangsung selama sekitar 15 menit.

Fenomena langit ini dimulai pada pukul 08.47 UTC atau pukul 15.47 WIB. Namun, gerhana penuh muncul pada 11.11 UTC (18.11 WIB) dan menjadi maksimum pada 11:18 UTC (18.18 WIB) dan terus berada pada keadaan total hingga 11.25 UTC (18.25 WIB). Gerhana berakhir pada pukul 13.49 UTC (20.49 WIB).

Fenomena Blood Moon hanya terjadi saat fase bulan penuh dan mengalami gerhana bulan total. Bumi bergerak di antara bulan dan matahari sehingga mereka berada pada posisi sumbu garis lurus. Saat itulah bulan akan ‘tertelan’ bayangan Bumi.

Pada waktu yang bersamaan, sedikit cahaya dari arah matahari terbit dan matahari tenggelam di Bumi jatuh di permukaan Bulan. Gelombang cahaya panjang yang datang dari Bumi inilah yang membuat bulan tampak merah. Dia akan semakin merah jika polusi udara, tutupan awan atau ketebalan partikel di atmosfer Bumi yang ditembus cahaya itu semakin besar.

Blood Moon bisa disaksikan dengan mata telanjang, tanpa memerlukan peralatan khusus untuk pengamatannya. Tentu, pengalamannya lebih baik jika bisa menyaksikannya melalui teleskop.

Blood Moon 2021 akan terlihat di wilayah Asia Selatan/Timur, Australia, sebagian besar Amerika Utara, Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Samudra Hindia, dan Antartika.

Beberapa kota di mana gerhana bulan total diperkirakan akan terlihat termasuk Honolulu, Houston, Los Angeles, Manila, Melbourne, San Francisco, Seoul, Shanghai, dan Tokyo. Ini juga akan terlihat sebagian di kota-kota seperti Bangkok, Chicago, Dhaka, Montreal, New York, Toronto, dan Yangon.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini