MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Valentino Rossi sudah tidak asing di telinga khususnya bagi pecinta MotoGP. Pembalap motor asal Italia ini bisa dikatakan sebagai pembalap MotoGP paling sukses.

Di usia 41 tahun, Valentino Rossi masih aktif sebagai pembalap MotoGP dan mengantongi tujuh gelar juara dunia. ‘The Doctor’ juga memiliki banyak fans di seluruh penjuru dunia. Hal ini dikarenakan Rossi memiliki sikap humoris dan menyenangkan.

Bahkan, ia juga sangat dihormati oleh pembalap lain yang merupakan lawannya di sirkuit. Berikut adalah fakta dan cerita unik Valentino Rossi:

1. Memiliki tiga julukan
Selain The Doctor, Rossi punya banyak julukan lain. Rossi pernah dikenal dengan julukan Rossifumi, dimana terinspirasi dari nama Norifumi Abe yaitu seorang pembalap asal jepang yang tampil apik pada 1994 di kelas 500cc. Selain itu, Rossi juga pernah dikenal dengan julukan Valentinik. Nama itu merupakan julukan Rossi pada saat masih bermain di kelas 250cc. Nama Valentinik terinspirasi dari nama pahlawan super Donald Bebek, Peperinik yang terkenal di Italia. Setelah Rossi bermain di kelas 500cc pada 2000, aarulah nama The Doctor digunakan sebagai julukan Rossi.

2. Ritual Sebelum Balapan
Terkadang, tidak ada salahnya memiliki ritual sebelum melakukan sesuatu yang kita sukai. Hal ini juga dilakukan oleh Valentino Rossi. Pembalap berusia 41 tahun ini memiliki kebiasaan meluangkan waktu untuk berjongkok dan berdoa di samping motornya dan terkadang The Doctor juga menepuk bahkan mencium motornya.

3. Gonta-Ganti Kepala Mekanik
Valentino Rossi diketahui sudah tiga kali mengganti kepala mekanik untuk motornya, yaitu, Jeremy Burgess (1999–2013), Silvano Galbusera (2014–2019), dan David Munos (Sekarang).

4. Kasus Pajak
Kasus pajak sering kali terjadi di kalangan atlet–atlet di Eropa. Bahkan, pembalap sebesar Valentino Rossi pernah mengalami kasus pajak. Kasus ini terjadi ketika Rossi tinggal di London, Inggris. Akibat dari kasus ini, Rossi harus membayar denda sebesar 35 juta Euro.

5. Memiliki Trek Balap Pribadi di Rumah
Sebagai pebalap, memiliki peralatan untuk latihan di rumah merupakan hal yang wajar. Akan tetapi hal ini akan sulit untuk seorang pembalap. Dikarenakan biasanya trek balap memiliki lintasan yang luas sehingga bisa dikatakan sulit memilikinya. The Doctor merupakan pembalap MotoGP yang memiliki lintasan balap pribadi di rumahnya. Tepatnya di Tavullia, Italia. Akan tetapi lintasan pribadinya bukan lintasan balap seperti yang ada di Motogp, tetapi berupa lintasan tanah.

Reporter: Teuku Khanif Miftaputra

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here