Elektabilitas Kalah dari Ganjar Pranowo, Prabowo Masih Ngotot Kejar Kursi Presiden?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAPrabowo Subianto masih mungkin menang menjadi Presiden Indonesia hari ini. Hal itu sesuai dengan hasil survei Voxpopuli Research Center yang menemukan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra tersebut paling tinggi.

Elektabilitasnya jauh di atas Ganjar Pranowo yang sekarang menjabat Gubernur Jawa Tengah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahkan Ridwan Kamil yang sekarang menjabat Gubernur Jawa Barat.

“Ganjar, Anies, dan Ridwan Kamil (RK) elektabilitasnta cukup tinggi. Membayangi elektabilitas Prabowo,” ujar Direktur Eksekutif Voxpopuli Research Center Dika Moehamad dalam keterangan tertulis kepada pers di Jakarta, Selasa, 9 Juni 2020.

Hasil survei itu menunjukkan elektabilitas Prabowo masih 18,6 persen. Di bawahnya Ganjar Pranowo 15,6 persen, disusul Anies dengan 11,3 persen dan terakhir Ridwan Kamil 11,6 persen.

Posisi strategis kepala daerah dalam menentukan kebijakan penanganan Covid19 seharusnya menguntungkan secara politik dalam kontestasi elektoral. Tetapi, kenyataannya elektabilitas ketiga kepala daerah terkenal tersebut masih kalah dari Prabowo.

Hanya Ganjar Pranowo yang tampaknya bisa memanfaatkan keuntungan menjadi kepala daerah tersebut, karena dia menempel ketat elektabilitas Prabowo.

Sementara Sandiga Uno yang berpengalaman sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta dan calon wakil presiden tidak menunjukkan hasil cemerlang. Elektabilitasnya hanya 9,3 persen di bawah Ridwan Kamil.

Lalu elektabilitas tokoh lainnya berturut-turut adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (6,4 persen), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (5,1 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (3,7 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (3,0 persen), dan Menko Polhukam Mahfud MD (1,1 persen).

Survei itu dilakukan pada 26 Mei hingga 1 Juni 2020, melalui telepon kepada 1.200 responden yang diambil secara acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error survei sebesar ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini