ilustrasi pertumbuhan ekonomi
ilustrasi pertumbuhan ekonomi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ekonom Vivi Alatas mengatakan ada pelajaran berharga dari pandemi panjang virus corona untuk masa mendatang. Menurut Vivi, pandemi virus corona mengajarkan bahwa baik sektor ekonomi maupun kesehatan merupakan dua hal yang sama pentingnya.

“Fokus hanya pada dampak pandemi saja hanya akan menjadikan pandemi yang berkepanjangan. Tidak hanya berdampak pada kesehatan yang semakin mahal, tetapi juga dampak ekonomi yang akan berkepanjangan,” kata Vivi Alatas, Kamis, 4 Maret 2021.

Vivi yang merupakan seorang CEO Asakretivita itu juga mengatakan pentingnya untuk mengoreksi data dan prosedur yang digunakan untuk memberikan bantuan kepada golongan yang terdampak dari pandemi virus corona ini.

“Yang dibutuhkan tidak hanya data, tetapi sistem targeting sehingga kapanpun Indonesia bisa langsung efektif merespons untuk membantu keluarga rentan,” ucapnya.

Selain itu, kata Vivi, pelajaran lain yang dapat diperoleh dari pandemi virus corona adalah pentingnya memadukan jenis social protection yang berbeda. Di mana bukan hanya berfokus pada program safety melainkan juga harus memperhatikan sisi lain, yakni safety trampoline agar sektor yang merosot dapat kembali bangkit.

“Pandemi menuntut untuk upscaling dan rescaling, membekali pekerja dengan keterampilan yang akan diminta pasar tenaga kerja di tahun mendatang,” tuntasnya.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengatakan bahwa pandemi virus corona telah membawa dampak signifikan terhadap perekonomian Indonesia, termasuk pada sektor ketenagakerjaan.

“Selain melindungi dan mengembalikan kesejahteraan pekerja yang terdampak pandemi, kami juga harus mempersiapkan SDM pekerja sebaik mungkin, meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan vokasi yang tepat, agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja pascapandemi,” ujar Ida Fauziah.

Selain itu, perubahan dan perbaikan juga berlaku pada ekosistem ketenagakerjaan, baik pada proses penempatan tenaga kerja, pembinaan hubungan industrial, serta pengawasan ketenagakerjaan sehingga dapat menjawab semua tantangan yang muncul selama dan pascapandemi.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here