Doni Monardo: Bukan Dokter, Garda Terdepan Perangi Covid19 Adalah Masyarakat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menuntaskan pandemi Covid19 ternyata tidak bisa selesai hanya menggelar operasi kesehatan, karena sebenarnya untuk mengakhiri wabah itu harus dengan operasi kemanusiaan dan menempatkan masyarakat sebagai garda terdepan.

Hal itu diungkapkan Ketua Satgas Penanganan Covid19 Doni Monardo dalam menyampaikan survei perilaku masyarakat di masa Pandemi Covid19 yang dikutip Selasa 29 September 2020.

Apalagi, penularan Covid19 sekarang murni dari manusia kepada manusia sehingga sangat salah jika penuntasannya hanya mengandalkan tenaga kesehatan semata.

Jika masyarakat tidak disadarkan untuk melakukan pencegahan, maka rumah sakit bisa lebih banyak terisi pasien Covid19. Hal itu justru akan mengorbankan keselamatan para tenaga medis karena akan lebih mudah terinfeksi penyakit tersebut.

Maka, Doni meminta masyarakat lebih mematuhi anjuran pemerintah, WHO, pakar epidemiologi dan pakar kesehatan dalam menerapkan protokol kesehatan seperti rajin menyuci tangan dengan sabut, menggunakan masker dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

Doni menegaskan melaksanakan dengan disiplin protokol kesehatan tidak sebanding denngan pengorbanan para dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya yang setiap detik harus menghadapi pasien Covid19.

Padahal risikonya sangat besar, jika rumah sakit terlalu banyak pasien Covid19 karena para tenaga medis juga yang akan menjadi korbannya. Tercatat sudah ratusan tenaga medis meninggal dunia karena kelelahan menangani pasien Covid19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini