Seorang pengemudi dalam pengaruh alkohol sebabkan lima orang meninggal dunia dan 15 orang lainnya luk. (Foto: The Straits Times)

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Dilaporkan lima orang termasuk seorang bayi berusia sembilan bulan meninggal dunia dan 15 orang lainnya terluka ketika sebuah mobil dengan kecepatan tinggi menerobos area pejalan kaki di  kota Trier, Jerman.

Saksi mata mengatakan bahwa orang-orang berteriak panik dan beberapa orang terlempar ke udara ketika sebuah mobil menabrak zona perbelanjaan. Seorang polisi mengungkapkan, tersangka merupakan warga negara Jerman berusia 51 tahun.

“Kami telah menangkap satu orang dan satu kendaraan telah diamankan,” kata polisi, melansir Reuters, Rabu, 2 Desember 2020.

Jaksa Peter Fritzen dalam konferensi pers mengatakan bahwa tersangka yang kini sudah diamankan dan tengah diintrogasi itu dalam pengaruh alkohol dengan jumlah yang signifikan. Pihak berwenang tidak berasumsi ada motif militan dalam insiden tersebut.

“Sepertinya kita berbicara tentang tersangka dengan masalah mental, tetapi kita tidak boleh memberikan penilaian dini,” kata Walikota Trier, Wolfram Leibe.

Menteri Dalam Negeri negara bagian Rhineland-Palatinate, Roger Lewentz mengatakan dua perempuan berusia 25 dan 73 tahun, serta seorang pria berusia 45 tahun semuanya dari Trier juga meninggal dunia.

Pihak kepolisian melaporkan lima orang meninggal dunia dan media Jerman memberitakan, korban terakhir merupakan seorang perempuan berusia 52 tahun. Sementara korban luka lain dalam keadaan kritis.

Insiden tersebut cukup mengejutkan penduduk kota tertua di Jerman –yang didirikan oleh Bangsa Romawi lebih dari 2.000 tahun lalu. Sang walikota mengatakan, orang-orang yang melihat insiden tersebut pasti sangat trauma.

“Kami memiliki seorang pengemudi yang mengamuk di kota. Saya baru saja berjalan melalui pusat kota dan itu sangat mengerikan. Ada sepatu olahraga tergeletak di tanah dan gadis pemilikinya sudah meninggal,” sambung Leibe kepada penyiar SWR.

Trierischer Volksfreund mengutip seorang saksi mata, Range Rover sedang melaju dengan kecepatan tinggi dan orang-orang terlempar ke udara. Dikatakannya, mobil tersebut memiliki plat wilayah Trier.

“Berita dari Trier membuat saya sedih. Simpati saya ditujukan kepada keluarga mereka yang kehidupannya begitu tiba-tiba dan dengan kejam direnggut dari mereka. Saya juga memikirkan orang-orang yang menderita luka-luka dalam beberapa kasus yang sangat serius dan saya berharap mereka kuat,” ungkapan duka Kanselir Jerman, Angela Merkel.

Jerman telah memperketat keamanan di zona pejalan kaki di seluruh negeri sejak serangan truk di pasar di kota Berlin pada 2016. Akibat insiden tersebut, 12 orang meregang nyawa dan melukai puluhan lainnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here