Antoine Griezmann (Foto: Sky Sports)

MATA INDONESIA, BARCELONA – Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann memutus kontrak kerja sama dengan Huawei. Pemain asal Prancis curiga, perusaahan teknologi raksasa China itu berkontribusi dalam penindasan Muslim Uighur.

Keputusan Griezmann memutus kontrak kerja sama dengan Huawei terkait laporan media massa yang menduga Huawei melakukan uji coba perangkat lunak pengenalan wajah untuk membantu China mengawasi kelompok minoritas Muslim Uighur.

Berulang kali China membantah melakukan penindasan pada Muslim Uighur meskipun PBB dan kelompok Hak Asasi Manusia mengatakan, lebih dari satu juta orang, mayoritas Uighur, ditahan dalam kondisi tak wajar di Xinjiang.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Antoine Griezmann (@antogriezmann)

“Terkait dugaan Huawei berkontribusi pada perkembangan perangkat lunak pengenalan wajah untuk mengawasi Uighur, saya mengumumkan memutus kerja sama dengan perusahaan tersebut,” tulis Griezmann, di Instagram.

“Dalam kesempatan ini saya meminta Huawei tidak hanya membantah tuduhan, tapi melakukan aksi nyata secepatnya mengutuk penindasan tersebut dan menggunakan pengaruhnya berkontribusi untuk menghormati hak asasi manusia dan hak-hak perempuan di masyarakat,” lanjut Griezmann.

Griezmann adalah duta global Huawei dan beberapa kali tampil dalam iklan promosi perusahaan smartphone tersebut.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here