Curhat Warga ke Jokowi soal Detik-detik Erupsi Semeru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa warga curhat dan bercerita kepada Presiden Joko Widodo saat mengunjungi lokasi yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa 7 Desember 2021.

Saat meninjau posko pengungsian di Lapangan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Jokowi mendengarkan cerita dari sejumlah warga bercerita mengenai detik-detik terjadinya erupsi.

”Nggak sampai satu menit itu, Pak, langsung gelap. Sebelumnya ada pemberitahuan memang, 25 getarannya katanya dari pusat pemantauan,” kata seorang warga kepada Presiden.

Seorang pengungsi lainnya dari Dusun Kamar Kajang yang tak diketahui namanya bercerita. Sebelum erupsi terjadi warga telah mendapat peringatan dari pos pemantauan melalui telepon genggam.

Namun, mereka tak menyangka erupsi yang terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021 ternyata lebih besar dari yang diperkirakan.

”Ada pemberitahuan, di HP sudah ada. Cuma dikira kecil, Pak, dikira banjir kecil. 25 getarannya kecil biasanya. Nanti ada susulan yang lebih besar biasanya. Kalau pos pantau selalu siaga,” katanya.

”Paniknya itu cuma panik abu, abunya itu loh, Pak, kan gelap. Posisi jam 3 sore itu kejadian abu vulkanik. Hujan abu dulu, gelap, disusul lahar dingin,” ujar seorang warga lainnya.

Seusai kejadian, warga mengaku sempat mengecek rumah masing-masing melalui jalur yang bisa dilewati.

Seorang warga bercerita bagaimana erupsi Gunung Semeru telah menewaskan banyak ternak peliharaannya.

Sementara, warga lainnya menyampaikan bahwa ia masih mencari beberapa anggota keluarganya yang masih hilang.

Kepada Presiden, para warga meminta agar infrastruktur yang hancur bisa segera diperbaiki.

Jokowi pun memastikan akan segera membangun dan memperbaiki rumah-rumah warga terdampak, termasuk fasilitas publik lainnya seperti jembatan. “Nggih (iya), rumahnya, jembatannya cepat kita mulai (diperbaiki),” kata Jokowi.

“Ini Menteri PU (Pekerjaan Umum) sudah saya ajak. Ini baru mengecek semua, nanti segera dikerjakan,” lanjutnya.

Mendengar hal itu, warga pun menyampaikan terima kasih.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini