Cina – Iran Makin Mesra, Siap Melawan AS?

Baca Juga

MATA INDONESIA, TEHERAN – Menteri Luar Negeri Cina, Wang Yi tiba di Iran pada Jumat (26/3) untuk menandatangani perjanjian kerja sama 25 tahun antara kedua negara. Kesepakatan tersebut diharapkan mencakup investasi Beijing di sektor energi dan infrastruktur di Iran.

Tahun 2016, Cina –yang merupakan mitra dagang dan sekutu lama Iran, setuju untuk meningkatkan perdagangan bilateral lebih dari 10 kali lipat menjadi 600 miliar Dolar AS dalam dekade berikutnya.

“Penandatanganan program kerja sama komprehensif antara Republik Islam Iran dan Republik Rakyat Cina oleh Menteri Luar Negeri kedua negara adalah program lain dari perjalanan dua hari ini,” kata kantor berita Iran, IRNA, melansir Reuters, Sabtu, 27 Maret 2021.

“Dokumen ini adalah peta jalan lengkap dengan klausul politik dan ekonomi strategis yang mencakup perdagangan, ekonomi, dan kerja sama transportasi … dengan fokus khusus pada sektor swasta dari kedua belah pihak,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Saeed Khatibzadeh kepada TV pemerintah.

Pada Kamis (25/3), Kementerian Perdagangan Cina mengatakan bahwa Beijing akan melakukan upaya untuk melindungi kesepakatan nuklir Iran dan mempertahankan kepentingan sah antara Cina dan Iran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini