Cegah Penularan Covid19 dari Kudus, Pemkab Pati Harus Lakukan Lima Langkah Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, PATI – Untuk mencegah penularan Covid19 di Kabupaten Kudus meluas, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, Jawa Tengah mengendalikan penyakit tersebut dengan lima hal.

Pertama, tingkatkan kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan dengan mengurangi mobilitas serta menghindari kerumunan. Selain itu meningkatkan dan memperbanyak peralatan untuk melaksanakan 3T (testing, tracking, dan treatment) atau tes-lacak-isolasi/obati.

“Untuk memantau setiap kasus aktif baru sekaligus memantau aktivitas masyarakat serta pelaksanaan protokol kesehatan agar tidak terlanjur menyebar lebih luas,” ujar Ganip, Minggu 6 Juni 2021.

Kedua, penanganan pasien Covid19 jangan sampai terlambat ditangani di rumah sakit sehingga menyebabkan tingginya angka kematian.

Selain itu, Pemkab Pati memrioritaskan pemberian vaksinasi kepada masyarakat pada kelompok rentan seperti orang lanjut usia serta penanganan tepat orang yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Ketiga, memberi perhatian khusus kepada para lansia terutama dengan menjalankan program vaksinasi.

Keempat bagi pasien Covid19 dengan komorbid harus benar-benar diperhatikan ketepatan penanganannya karena pasien dengan komorbid menjadi salah faktor pemicu kematian yang cukup tinggi.

Kelima, kecepatan dan ketepatan tindakan rumah sakit dalam mengambil langkah medis menangani pasien Covid19 harus menjadi perhatian bersama.

Ganip juga meminta rumah sakit untuk memastikan ketersediaan tempat tidur, tempat isolasi mandiri, zonasi protokol kesehatan dan kemampuan sumber daya manusia tenaga kesehatan dalam antisipasi penanganan lonjakan kasus Covid19 usai libur kerja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Sambut Pilkada 2024, PDIP Kulon Progo Jaring Empat Nama Kadernya Maju Bacalon Bupati

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Kulon Progo sedang melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Ketua DPC PDI Perjuangan Kulon Progo, Fajar Gegana, menyatakan bahwa penjaringan ini dilakukan melalui rapat kerja cabang yang diadakan serentak di 12 pengurus anak cabang (PAC). Salah satu agenda utama adalah penjaringan dari tingkat bawah untuk bakal calon bupati dan wakil bupati.
- Advertisement -

Baca berita yang ini