Cegah Lonjakan Covid19 Usai Lebaran, Fasilitas Tes Disebar di Titik-Titik Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Untuk mencegah kasus Covid19 melonjak pasca libur lebaran 2021 karena masih ada 1,5 orang yang mudik, Komite Penanganan Covid19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) memutuskan melakukan tes secara random di jalur arus balik mulai Sabtu 15 Mei 2021 ini.

“Random-Test diterapkan untuk perjalanan dari beberapa Provinsi di Pulau Jawa menuju Jakarta, sedangkan Mandatory-Check untuk perjalanan dari Sumatera menuju ke Jawa dan Jakarta, yang diberlakukan mulai hari ini 15 Mei 2021” ujar Airlangga, Sabtu 15 Mei 2021.

Pengecekan menggunakan rapid test antigen akan dilakukan pada 21 lokasi titik pengecekan di seluruh provinsi di Pulau Jawa menuju Jakarta.

Dari 21 titik itu akan dibagi ke dalam dua kelompok yaitu ruas Tol Trans Jawa dan ruas Tol Jakarta – Merak.

Untuk Tol Trans Jawa yang dikelola Jasa Marga terdapat 18 lokasi tes terdiri dari 13 lokasi di rest area jalan tol, 4 lokasi di pintu masuk tol utama, dan 1 lokasi di eks Gerbang Tol Cikarang Utama KM.31.

Sementara ruas Tol Jakarta-Merak terdapat 3 titik yaitu dua di rest area KM.45 dan KM.68, serta 1 lokasi di Pintu Masuk Tol Cikupa.

Sedangkan, random test Covid19 di jalan nasional, akan diterapkan di 4 titik dan akan disesuaikan dengan update kondisi di lapangan berdasarkan laporan dari Ditlantas Polda setempat.

Keempatnya adalah Jembatan Timbang Balonggandu, Karawang – Jabar, Pos Tegal Gubug di Susukan, Cirebon – Jabar, lokasi antara Indramayu – Jatibarang, dan antara Sukabumi – Cianjur arah ke Jakarta.

Pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif Covid19 setelah dites, wajib diisolasi di tempat yang disediakan satgas daerah dengan rujukan ke fasilitas kesehatan setempat. Apabila dekat dengan daerah asal, pasien dapat kembali ke daerah asalnya, namun apabila dekat dengan Jakarta, pasien akan dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Jakarta.

Fasilitas tes Covid19 juga akan didirikan di Lampung. Mereka yang terkonfirmasi positif akan dikarantina di fasilitas provinsi itu. Jika mengarah ke kondisi berat akan dirujuk ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Lampung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini