Catat, ASN Administrasi Akan Dididik Jadi Tenaga Teknis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Aparatur sipil negara (ASN) yang masih menjadi tenaga administrasi akan dididik menjadi tenaga teknis yang bakal disebar di pemerintah pusat maupun daerah.

Hal itu diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin 3 Agustus 2020.

“Agar mereka memiliki kemampuan spesifik yang dapat mengisi kebutuhan tenaga teknis yang masih sangat diperlukan,” kata Tjahjo Kumolo.

Program pendidikan tersebut akan diberikan kepada 1,6 juta ASN tenaga administrasi dengan penilaian akhir untuk menentukan lulus atau tidaknya ASN tersebut.

Mereka yang tidak lulus tetap di jabatannya semula sebagai tenaga administrasi baik di pusat maupun daerah.

Alasan Tjahjo saat ini seringkali tenaga administrasi harus mengisi kekosongan tenaga teknis, terutama di pedesaan.

Formasi ASN tenaga teknis yang diperlukan saat ini sebagian besar berada di sektor kesehatan dan pendidikan. Sehingga, tenaga administrasi yang ada saat ini berpotensi  dialihkan sebagai penyuluh dua sektor tersebut.

Contohnya, tenaga teknis pertanian, penyuluh atau penggerak di pedesaan, penyuluh KB (Keluarga Berencana), dan lain sebagainya.

Data ASN sekarang mencatat terdapat 4,2 juta ASN di seluruh Indonesia. Sebanyak, 1,6 juta di antaranya merupakan tenaga administrasi baik di instansi pemerintahan pusat maupun daerah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini