Buruan Daftar, Program Kartu Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar baik bagi para peminat program kartu prakerja. Di awal tahun 2021, pemerintah akan kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12.

Dengan demikian, warga bisa mempersiapkan administrasi yang diperlukan untuk pendaftaran Kartu Prakerja untuk mendapat fasilitas pendidikan dan bantuan tunai. Tapi, peserta yang sudah diterima tahun 2020 dipastikan tidak bisa mengikuti program ini lagi pada 2021.

Sepanjang tahun 2020, tercatat 43 juta orang yang mendaftar dalam program Kartu Prakerja. Namun dari 43 juta pendaftar itu baru sebanyak 5,9 juta orang yang diakomodir dalam 11 gelombang Kartu Prakerja.

Rencananya pemerintah akan mengubah program tersebut menjadi semi bansos. Tujuannya untuk menekan dampak pandemi Covid-19.

Untuk Kartu Prakerja sendiri sudah akan dibuka pada tanggal 5 Januari 2021, setelah ditutup pada medio Desember 2020. Pembukaan program Kartu Prakerja pada 5 Januari itu untuk membayar intensif peserta yang belum terbayarkan pada Desember 2020.

Adapun pembukaan pendaftaran gelombang ke-12 Kartu Prakerja belum diumumkan oleh manajemen Kartu Prakerja. Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan bahwa Kartu Prakerja baru memastikan bahwa gelombang 12 akan dibuka pada 2021.

Bagi peserta yang sudah masuk daftar blacklist di tahun 2020, tidak bisa ikut dalam program Kartu Prakerja di tahun 2021. Ada ribuan orang yang diblacklist karena tidak membeli pelatihan.

Berikut cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 12:
1. Login kartu prakerja di laman www.prakerja.go.id
2. Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), masukkan data diri, dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun.
Harap diperhatikan agar lolos kartu prakerja gelombang 12 yakni nama, tanggal lahir, dan alamat harus sesuai data di KTP.
3. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online
4. Klik Gabung pada gelombang daftar Prakerja yang sedang dibuka
5. Tunggu pengumuman seleksi peserta yang lolos daftar Kartu Prakerja Gelombang 12.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini