Buruan Daftar, Masih Ada Kuota Mudik Gratis Sepeda Motor untuk Senin Besok

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Para pengguna sepeda motor yang akan melakukan perjalanan mudik masih memiliki kesempatan memanfaatkan program mudik gratis menggunakan kapal laut.

Dengan program itu, baik pemudik maupun sepeda motornya bisa langsung masuk kapal sehingga mereka tidak perlu menantang bahaya di jalan jalur mudik sepanjang Pulau Jawa.

“Salah satu tujuan utama mudik gratis ini adalah untuk mengurai kepadatan jalan dan mengurangi jumlah pemudik roda dua, sehingga dapat meminimalisir angka kecelakaan saat arus mudik atau arus balik mudik,” kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Mugen S. Sartoto, Sabtu, 23 April 2022.

Dia memastikan, ada dua armada kapal yang digunakan untuk pemudik sepeda motor gratis itu.

Keduanya adalah KM Dobonsolo dan KM Ciremai yang dioperatori oleh PT Pelni.

Kedua kapal ini merupakan kapal 3-in-1, yaitu kapal yang dapat mengangkut orang, barang, dan kendaraan.

Kapasitas masing-masing dari kapal tersebut yakni dapat mengangkut 1.250 unit motor dan 2.500 penumpang.

Mugen mengungkapkan, antusias masyarakat dalam mengikuti program mudik gratis untuk pengguna sepeda motor ini cukup tinggi.

Terbukti, dari kuota arus mudik yang saat ini disediakan, kapasitas tersebut sudah hampir penuh.

Untuk keberangkatan 29 April 2022 sudah hampir penuh, hanya tersisa keberangkatan tanggal 26 April 2022 masih untuk sekitar 800-an motor dan 1.000-an penumpang.

Dia menambahkan, rute yang dilalui untuk kapal mudik gratis sepeda motor 2022 itu adalah Jakarta-Semarang-Surabaya (arus mudik) dan Surabaya-Semarang-Jakarta (arus balik).

Jadwal mudik rute Jakarta-Semarang-Surabaya akan diangkut dengan KM Dobonsolo, yaitu tanggal 26 April 2022, jam 13.00 WIB dan KM Ciremai tanggal 29 April 2022 jam 22.00 WIB.

Sedangkan jadwal balik rute Surabaya-Semarang-Jakarta akan diangkut dengan KM Ciremai tanggal 9 Mei 2022 jam 17.00 WIB, dan KM Dobonsolo tanggal 11 Mei 2022 Jam 17.00 WIB.

Info selengkapnya dapat langsung mengakses http://mudikgratis.dephub.go.id/ dan terus memantau akun resmi media sosial @djplkemenhub151.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini