BRI Kasih 600 Ribu untuk Nasabah, Ini Faktanya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar tentang semua pemilik rekening PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk atau BRI mendapat bantuan sosial corona sebesar Rp 600 ribu beredar luas di media sosial. Salah satunya disebarkan situs infoterkini.my.id pada 29 April 2020 lalu.

Dalam postingan tersebut menjelaskan bahwa seluruh pemilik rekening BRI akan dapat bantuan Rp 600 ribu dampak Pandemi corona (Covid-19).

Tak sedikit yang melampirkan foto sms tanda pemberitahuan bahwa transfer uang Rp 600 ribu telah masuk dari BRI. Sambil mencantumkan keterangan bantuan pemerintah dampak Pandemi Corona atau Covid-19.

Hal ini pun akhirnya ditanggapi oleh Corporate Secretary Bank BRI, Amam Sukriyanto. Ia mengatakan, informasi tersebut tidak sepenuhnya benar. “Ini tidak sepenuhnya benar,” katanya belum lama ini.

Amam pun menjelaskan bahwa BRI bersama dengan Bank Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) lainnya memang ditunjuk oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST). Namun, bantuan itu hanya dikhususkan kepada 528.320 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak secara ekonomi akibat penyebaran Covid – 19 di seluruh Indonesia.

Adapun BST tahap 1 besarannya mencapai Rp 316 Miliar dan data nama penerima bantuan tersebut sudah ditetapkan oleh Kemensos RI.

“Perseroan telah menyalurkan bantuan dimaksud secara keseluruhan pada tanggal 27 – 29 April 2020 lalu melalui fasilitas Mass Fund Transfer sebesar Rp 600 ribu ke rekening masing – masing,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, program BST ini merupakan salah satu upaya mempertahankan daya beli masyarakat selama masa pandemi corona. “Kami akan terus mendukung implementasi program-progam pemerintah khususnya yang terkait langsung dengan penyaluran bantuan kepada masyarakat luas,” katanya.

Sekadar info, penyaluran bantuan dilaksanakan di setiap wilayah Direktorat Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI yang terbagi atas 3 wilayah penyaluran, yakni Wilayah I, yang mencakup Sumatera dan Jawa Barat, telah tersalurkan kepada 161.566 KPM senilai Rp 96,9 Miliar.

Sementara itu, untuk Wilayah II, yang mencakup Banten, Jawa Tengah, DI Yogya, Kalimantan, Bali, NTB dan NTT, BRI menyalurkan kepada 204.118 KPM senilai Rp.122,4 Miliar dan Wilayah III, yang mencakup Jawa Timur, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi, Papua dan Papua Barat, telah disalurkan kepada 162,636 KPM dengan total bantuan senilai Rp 97,5 Miliar.

3 KOMENTAR

  1. Harus sesuai dengan data dari kemensos, jangan asal transfer aja… Semua data harusnya 1 pintu saja, jangan tumpang tindih #KomenPositif

  2. Sy tadi pagi dapat notif di sms banking bri ada trf masuk dg keterangan banpres pum.. Tp setelah di cek saldo tidak ada dong. Hehehhe.. Kena prank mungkin sy

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini