BPOM dan Bio Farma Awasi Distribusi Setiap Dosis Vaksin Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vaksinasi Covid19 dilakukan dengan serius sehingga keamanan setiap vaksin dijamin dengan pengawasan sistem rantai dinginnya benar-benar terjamin hingga vaksin buatan Sinovac itu disuntikkan.

Maka, selain PT Bio Farma yang kini menjadi distributor, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) juga ikut mengawasinya di setiap titik di Indonesia.

“Penjagaan suhu penyimpanan dan pengiriman Vaksin Covid19 ditujukan untuk mencegah terjadinya penurunan mutu vaksin yang mengakibatkan tidak bermanfaat,” ujar Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito yang dikutip Sabtu 30 Januari 2021.

BPOM, menurut Penny, akan memastikan distribusi vaksin Covid19 dari Sinovac tersebut dilakukan memenuhi ketentuan Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) yang menetapkan syarat sistem rantai dingin 2-8 derajat celcius.

Keikutsertaan BPOM mengawasi rantai pengiriman vaksin tersebut diapresiasi Dirut PT Bio Farma Honesti Basyir.

Bio Farma saat ini juga sudah menerapkan sistem pengawasan setiap dosis vaksin sampai ke penerima di daerah bahkan disuntikkan.

Dalam setiap kotak pembungkus bahkan di setiap botol dosisnya terdapat barcode serta diletakkan semacam GPS pada pembungkusnya untuk bisa mengetahui apakah vaksin itu sampai dengan selamat atau tidak.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini