Bisakah Nyamuk Tularkan Covid-19? Ini Kata Pakar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Covid-19 diketahui tak hanya menyasar manusia saja, namun beberapa kasus positif ditemui justru menginfeksi hewan. Salah satu yang ditakutkan adalah, virus ini dibawa oleh nyamuk kepada manusia.

Bisakah nyamuk menularkan virus corona kepada orang yang sehat, setelah menggigit pasien positif?

Dalam penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Scientific Reports, nyamuk dipastikan tidak bisa menularkan Covid-19 kepada manusia.

Penelitian ini mengungkap, virus tidak dapat mereplikasi dalam tiga jenis nyamuk yang umum dan karenanya tidak dapat ditularkan ke manusia bahkan walaupun nyamuk itu telah menggigit orang yang terinfeksi.

“Bahkan dalam kondisi yang ekstrem, virus SARS-CoV-2 ini tidak dapat direplikasi pada nyamuk, maka tidak bisa ditularkan,” tulis hasil studi tersebut, seperti dikutip dari Alarabiya, Minggu 19 Juli 2020.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyatakan, nyamuk tidak bisa menularkan corona ke manusia.

“Penelitian kami adalah yang pertama memberikan data konklusif yang mendukung teori ini,” kata Stephen Higgs, salah satu peneliti dari Kansas State University di Amerika Serikat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini