Bio Farma Luncurkan Alat Tes PCR Kumur dengan Harga Murah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan Bio Farma lewat produk Bio Saliva meluncurkan alat tes PCR dengan cara berkumur.

Hal ini diyakini dapat menurunkan biaya di perlengkapan APD karena dalam menjalankan tes PCR Bio Saliva tenaga kesehatan tidak membutuhkan APD lagi.

Selain itu tes, PCR dengan menggunakan Bio Saliva bisa dilakukan secara massal, pastinya kalau bersifat massal maka Bio Farma bisa memperkirakan secara tepat volume produksi untuk Bio Saliva.

“Cuma kami belum sampai se-detail itu untuk menghitung semuanya, memang ada beberapa biaya yang tidak bisa kita turunkan seperti biaya untuk tenaga kesehatan karena mereka adalah karyawan kami dan memang ada aturannya juga untuk menggaji mereka. Tapi kami berkeyakinan, kita masih punya celah untuk bisa menurunkan harga layanan tes PCR ini,” katanya.

Berapa persen penurunan harga tersebut, Bio Farma perlu melakukan exercise lagi karena menyangkut nanti kapasitas produksi Bio Farma di mana sampai volume berapa optimal dari penurunan biaya tes PCR itu bisa dilakukan.

Honesti juga mengungkapkan bahwa kalau contohnya seperti komponen mBioCoV-19 RT-PCR Kit ataupun Bio Saliva yang dikeluarkan Bio Farma itu hanya sekitar 30 persen dari total harga layanan tes PCR. Dan dari sisi distribusi reagen itu hanya sekitar 20 persen, jadi memang tidak terlampau signifikan sebenarnya.

“Kami akan coba exercise lagi mulai dari layanan apakah harga Rp275.000 akan turun ke harga berapa lagi, kemudian bisnis modelnya seperti apa, apakah akan bersifat kerja sama operasional (KSO) dan itu sudah dilakukan sebenarnya,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini