Biden Dilantik 20 Januari, Trump Dipastikan Tidak Hadir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden akan dilantik dan diambil sumpahnya pada 20 Januari 2021 mendatang.

Petahana Donald Trump menyatakan, dia tidak akan hadir dalam pelantikan Biden tersebut, dengan alasan yang tak jelas.

“Untuk semua yang bertanya, saya tidak akan menghadiri pelantikan pada 20 Januari,” kata Trump dalam cuitannya di Twitter, Jumat 8 Januari 2021.

Pernyataan Trump ini menjadi sorotan publik. Karena, biasanya dalam tradisi, petahana datang dalam pelantikan dan pengambilan sumpah Presiden AS terpilih.

Hal ini bisa dilihat saat Barack Obama menghadiri pelantikan Trump, dan menyerahkan jabatannya secara resmi setelah memimpin AS selama dua periode pada 2017 lalu.

Sebelumnya, Trump ngotot merasa menang dalam Pilpres AS. Adapun kemenangan Biden, dianggapnya sebagai hasil dari kecurangan, meskipun ia tak pernah menyerahkan bukti tuduhannya tersebut.

Pada 6 Januari 2021 lalu, Trump menyampaikan pidato, agar pendukungnya berunjuk rasa di Washington DC untuk menolak pengesahan hasil Pilpres AS yang memenangkan Biden.

Buntutnya, para pendukung Trump menduduki gedung Capitol Hill, dan terjadi bentrok dengan aparat, sehingga menewaskan lima orang.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini