Berikut Cara Mudah Amankan Akun Tokopedia Anda

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar kebocoran data pada Tokopedia membuat was-was 91 juta penggunanya. Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia ini pun menganjurkan untuk melakukan langkah-langkah pengamanan akun.

Yakni tetap mengganti password akun secara berkala demi keamanan dan kenyamanan. Tokopedia juga menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun.

Menanggapi hal itu, pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, juga melihat proteksi otomatis, two factor authentication (TFA). “Hal utama yang harus dilakukan adalah memastikan TFA Two Factor Authentication diaktifkan. Kalau bisa pakai Google Authenticator,” ujar Alfons di Jakarta, Minggu 3 Mei 2020.

Baca Juga: 15 Juta Data Pengguna Tokopedia Diduga Bocor, Buruan Ganti Pasword!

Dalam memanfaatkan metode TFA atau verifikasi dua langkah, Tokopedia memanfaatkan Google Authenticator. Untuk mengaktifkannya Google Authenticator dapat dilakukan dengan cara mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store terlebih dahulu.

Kemudian, scan QR code di website Tokopedia, yang dapat ditemukan di pengaturan profil akun Anda. Selanjutnya, Anda akan diberikan opsi untuk memilih metode verifikasi kode OTP lewat WhatsApp atau SMS. Lalu, Anda mendapatkan enam digit untuk masuk ke akun Tokopedia Anda.

“Ingat jangan pernah berikan kode verifikasi yang Anda terima melalui WhatsApp atau SMS kepada siapa pun, sekalipun dia mengaku dari Tokopedia,” kata Alfons.

Pun ia menyarankan untuk tidak menyimpan kartu kredit di layanan online. Meskipun memberikan kemudahan tidak usah repot-repot memasukkan data, tetapi kalau akun berhasil diretas data tersebut rentan disalahgunakan.

Sebelumnya, data 15 juta pengguna Tokopedia dikabarkan bocor, Sabtu malam 2 Mei 2020. Dari pantauan Vaksin.com, menurut Alfons, data pengguna yang bocor bahkan melebihi dari angka tersebut, mencapai data 91 juta pengguna yang disebarkan dan dijual di dark web.

Sementara itu, dalam keterangan tertulisnya, Minggu siang 3 Mei 2020, Tokopedia memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran. Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit terjaga keamanannya.

1 KOMENTAR

  1. Data bocor menurut saya gpp lah, paling nanti ada yg nawarin kartu kredit atau peninggi badan ?, asal jangan akun + password aja bocor, bisa gawat tuhh #KomenPositif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini