Bencana Banjir Dominasi Awal Tahun 2021

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat 197 bencana yang terjadi di Indonesia.

Mayoritas bencana tergolong bencana hidrometeorologi atau disebabkan oleh alam dan bencana banjir masih mendominasi dengan 134 kejadian. Lebih banyak daripada bencana longsor yaitu 31 kejadian dan puting beliung 24 kejadian.

Jika dibandingkan dengan periode pada bulan yang sama yaitu Januari 2020, BNPB mencatat terdapat sekitar 297 bencana. Bencana banjir juga menjadi sorotan terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Namun bencana awal tahun ini dinilai lebih banyak merenggut nyawa dibandingkan bencana di Januari 2020. Bencana di awal 2021 menewaskan 184 orang sementara awal 2020 menewaskan 91 orang.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan skenario terburuk seperti adanya fenomena iklim yang terjadi bersamaan dengan musim hujan. Kondisi ini berdampak pada cuaca di wilayah Indonesia sehingga patut diwaspadai adanya peningkatan potensi bencana hidrometeorologi.

“Sejak Oktober 2020 BMKG memberika peringatan dini potensi terjadinya kondisi ekstrem terkait cuaca akibat adanya berbagau fenomena yang dikhawatirkan akan terjadi bersamaan dengan musim hujan,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

BMKG memperkirakan bahwa potensi cuaca ekstrem dan potensi banjir akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Hujan ekstrem bisa berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini