Benarkah Dentuman Jakarta Berasal dari Sonic Boom Jet TNI AU?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tengah jadi pembahasan panas, dentuman misterius yang terdengar dan terasa di Jakarta dinihari tadi, Sabtu 11 April 2020. Awalnya diduga dari letusan Gunung Anak Krakatau, namun dibantah oleh BMKG.

Lalu, muncul isu, dentuman itu kemungkinan adalah suara ‘sonic boom’ yang berasal dari jet milik TNI AU, yang memiliki kecepatan super tinggi. Benarkah demikian?

Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Muhammad Yuris membantah isu tersebut. Ia menegaskan, TNI AU sama sekali tak menerbangkan jet tempur pada dini hari tadi.

“Tidak ada pesawat tempur TNI AU yang beroperasi di Jakarta saat ini. Semuanya berada di pangkalan mereka masing-masing,” Muhammad Yuris.

Hingga kini, belum diketahui pasti apa yang menyebabkan dentuman keras itu terjadi. BMKG juga mengaku masih melakukan penelusuran lebih dalam.

“Masih dicari sumbernya,” kata Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana.

BMKG mencatat terjadi gempa tektonik di Selat Sunda pukul 22.59 WIB Jumat 10 April, kemarin dengan magnitudo 2,4 di 70 km arah selatan barat daya dari Gunung Anak Krakatau pada kedalaman 13 km. Namun gempa itu dinyatakan tak ada kaitannya dengan suara dentuman dini hari tadi.

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini