Begini Format Kompetisi Liga Super Eropa

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Isu berdirinya kompetisi Liga Super Eropa semakin mendekati kenyataan. Lantas, bagaimana format kompetisi tersebut?

Liga Super Eropa (ESL) sudah merilis pernyataan terkait rencana mereka menggelar kompetisi yang nantinya diikuti 20 klub. Saat ini, sudah ada 12 klub yang bersedia bergabung.

12 klub yang sepakat dengan adanya Liga Super Eropa adalah, AC Milan, Inter Milan, Juventus, Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, Manchester City, Manchester United, dan Liverpool.

Nantinya, ada tiga klub lagi yang akan bergabung ke Liga Super Eropa dan diumumkan dalam waktu dekat. Sedangkan lima klub lagi akan bergabung melalui jalur kualifikasi.

Lantas, bagaimana format dan aturan kompetisi Liga Super Eropa? Berikut ulasannya.

1. 20 klub yang berpartisipasi di ESL dimana 15 di antaranya klub pendiri dan mekanisme kualifikasi untuk klub lainnya berdasarkan pencapaian di musim sebelumnya.

2. Semua klub yang berpartisipasi di ESL tetap berkompetisi di liga domestik masing-masing termasuk pertandingan di tengah pekan yang tetap menjadi inti dari permainan klub.

3. Kompetisi ESL dimulai awal Agustus dimana 20 tim dibagi ke dua grup yang masing-masing terdiri dari 10 tim. Pertandingan menggunakan format kandang dan tandang dimana setiap tiga tim teratas di masing-masing grup otomatis lolos ke perempatfinal.

4. Klub yang finis di posisi empat dan lima akan bersaing dalam babak play-off dengan format kandang dan tandang untuk memperebutkan tiket perempatfinal tersisa. Format sistem gugur dan kandang-tandang digunakan mulai dari perempatfinal untuk mencapai babak final yang digelar pada Mei di tempat netral.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini