Begini Cara Vietnam Bisa Sembuhkan 100 Persen Pasien Positif Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vietnam disebut Menteri Erick Thohir sebagai contoh baik dalam melawan virus corona karena sempat menyembuhkan 100 persen pasien positif virus tersebut. Apa rahasianya?

Awalnya, pemerintah Vietnam langsung mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada 1 Februari 2020 begitu kasus corona pertama muncul. Selain itu, otoritas Vietnam juga langsung menghentikan seluruh penerbangan menuju dan dari Cina. Indonesia bahkan sudah menghentikan penerbangan dari dan ke negara itu sebelum mengumumkan darurat kesehatan.

Seperti dilansir AFP, otoritas Vietnam juga mengarantina 10.600 penduduk Son Loi selama 20 hari. Karantina tersebut diumumkan setelah lebih banyak kasus corona yang dikonfirmasi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui langkah cepat Pemerintah Vietnam itu. Para pejabat dan pakar kesehatan WHO menilai bahwa respons cepat pemerintah Vietnam sangat penting untuk mengatasi krisis di tahap awal.

Selain melakukan karantina, tenaga medis Vietnam juga diinstruksikan mengikuti beberapa protokol.

Hal itu dilakukan untuk menilai infeksi dan tingkat keparahan. Protokol yang dimaksud dimulai dari mengobati gejala yang dibawa virus corona, seperti demam, hingga meminta pasien menjalani diet ketat dan bergizi.

Petugas medis juga diperintahkan untuk memonitor tingkat saturasi oksigen dalam darah pasien.

Pemerintah Vietnam juga meliburkan sekolah di 63 kota dan provinsi untuk mencegah penyebaran virus corona. Pihak sekolah juga mendapat perintah dari Kementerian Kesehatan untuk mendisinfeksi ruang kelas sebelum siswa kembali.

Selain itu, guru dan staf juga diminta untuk selalu mengingatkan siswa soal kebersihan dan melakukan pemeriksaan suhu pada saat masuk. Pihak sekolah juga diwajibkan untuk menyiapkan formulir kesehatan yang digunakan untuk memantau siswa.

Jumlah pasien yang disembuhkan saat itu adalah 16 orang. Baru-baru ini Vietnam menghadapi kasus ke – 17 yaitu seorang yang baru pulang dari Eropa beberapa hari lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini