(Foto: PSSI)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rencana timnas Indonesia U-19 melanjutkan pemusatan latihan (TC) ke Prancis dipastikan batal. PSSI menyiapkan empat negara alternatif, Belanda, Jepang, Korea Selatan, atau Australia.

Timnas Indonesia U-19 baru saja kembali dari Kroasia setelah menjalani pemusatan latihan selama dua bulan dan melakoni 11 laga uji coba. Rencananya, Garuda Muda akan mengikuti turnamen Toulon di Prancis, tapi penyelenggara membatalkan turnamen tersebut.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, akan mengusahakan kelanjutan pemusatan latihan di Belanda, Jepang, Korea Selatan, atau Australia. Yang jelas, saat ini para pemain dikembalikan ke klub masing-masing.

“Setelah ini mereka akan kembali TC ke luar negeri. Kami menjajaki Belanda dan Jepang tapi masih menunggu korespodensi dahulu,” kata Iriawan, di laman resmi PSSI.

“Kenapa Belanda? Karena banyak tim-tim bagus juga di sana. Mereka kan papan atas dunia juga. Lalu pelatih Shin Tae-yong juga menyampaikan banyak pemain keturunan di sana,” tambahnya.

Selain Belanda dan Jepang, PSSI juga membuka opsi TC ke Korea Selatan atau Australia. Dari empat negara itu, Belanda menjadi prioritas PSSI untuk menjadi tempat TC timnas U-19 selanjutnya.

Usai kembali dari TC di Kroasia, para pemain akan kembali ke klub mereka masing-masing untuk mengikuti kompetisi apabila digelar nanti. Iriawan melanjutkan, Bagas Kaffa dan kolega juga diimbau untuk tetap menjaga kondisi fisik mereka dan memperhatikan protokol kesehatan.

“Setelah mendapat libur sebentar para pemain juga akan kembali mengikuti program pelatihan secara virtual yang telah disiapkan tim kepelatihan. Sejauh ini dari hasil pantauan sementara para pemain telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan,” ungkapnya.

“Pelatih Shin Tae-yong juga mengatakan mental para pemain sudah mendekati 80 persen. Untuk itu selanjutnya kita akan meningkatkan lagi dan menambah pada segi lainnya. Pelatih dibantu tim analisis juga menyoroti permainan mereka dari hari ke hari dan menilainya semakin membaik,” tuturnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here