Bappenas: Ibu Kota Baru Tidak Dijadikan Kawasan Metropolitan

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Ibu kota baru tampaknya tidak akan menjadi kota metropolitan seperti Jakarta. Sebab, Pemerintahan Jokowi menyiapkan 10 daerah termasuk Jakarta baru untuk dikembangkan menjadi kota metropolitan, salah satunya di Kalimantan Selatan.

“Kan kita sedang mempersiapkan kota-kota metropolitan baru, termasuk Jakarta,” ujar Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brojonegoro di Jakarta, Senin 26 Agustus 2019.

Lokasinya tersebar di Jawa dan luar Jawa. Sedangkan di Kalimantan, pemerintah akan mengembangkan metropolitan di Kalimantan Selatan, bukan Kalimantan Timur apalagi lokasi ibu kota atau pusat pemerintahan baru.

Menurut Bambang, di Kalimantan metropolitan akan dikembangkan di Kawasan Banjar Bakula yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, dan Tanah Laut.

Wilayah itu menurutnya sangat ideal karena saling berdekatan sehingga satu kota dan lainnya seperti bersambungan sehingga mudah dikembangkan menjadi metropolitan.

Dalam pengembangannya nanti, menurut Bambang, akan ada campur tangan pemerintah pusat sehingga kota tersebut benar-benar berkembang pesat.

Sementara Kalimantan Timur tempat ibu kota baru akan dibangun, dinilai tidak pas dikembangkan menjadi Kota Metropolitan karena kondisi wilayahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini