Australia Gelontorkan RP11 Triliun untuk Belanja Rudal

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Australia berencana meningkatkan kemampuan persenjataan angkatan laut dengan mendatangkan rudal dan torpedo jarak jauh. Tak main-main, dana sebesar 770 juta USD atau sekitar 11 triliun Rupiah siap digelontorkan demi meningkatkan pertahanan di tengah ketegangan regional.

Bukan hanya itu, Negeri Kanguru juga berniat mempersenjatai angkatan lautnya dengan rudal anti-kapak jarak jauh mutakhir, rudal permukaan ke udara jarak jauh, torpedo ringan mutakhir, dan kemampuan serangan darat maritime untuk memproyeksikan dan mempertahankan kendali laut.

“Kemampuan baru ini akan memberikan pencegah yang kuat dan kredibel yang akan memastikan stabilitas dan keamanan di kawasan,” kata Menteri Pertahanan Australia, Linda Reynolds dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters, Senin, 25 Januari 2021.

Belanja tersebut merupakan bagian dari peningkatan anggaran pertanan yang diumumkan sebelumnya selama dekade berikutnya karena Australia berusaha untuk mengalihkan fokus militernya di kawasan Indo-Pasifik di tengah hubungan yang memburuk dengan Cina.

Pemerintah Australia juga akan mendatangkan rudal anti-kapal dan permukaan ke udara dengan jangkauan lebih dari 370 km (230 mil), dan rudal serangan darat laut dengan jangkauan 1,500 km.

“(Senjata ini untuk) meningkatkan perlindungan sumber daya dan perbatasan maritime kita dan menahan musuk pada risiko jarak yang lebih jauh,” lanjut sang menteri.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini